Komisi IV Usul Bantuan Mahasiswa

Banjarmasin, KP – Komisi IV DPRD Kalsel mengusulkan agar mahasiswa berprestasi yang sedang mengerjakan skripsi atau tesis dapat menerima bantuan dari Pemprov Kalsel.

“Usulan Komisi IV agar mahasiswa berprestasi ini bisa mendapatkan bantuan,’’ kata Kepala Biro Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Sekdaprov Kalsel, Mujiyat kepada wartawan, kemarin, di Banjarmasin.

Menurut Mujiyat, bantuan secara personal atau perorangan tidak ada dalam anggaran hibah yang dikucurkan Biro Kesra, sehingga perlu adanya payung hukum, berupa peraturan gubernur (Pergub), agar bisa mengakomodir usulan tersebut.

“Kita masih upayakan payung hukum agar bisa memberikan bantuan keringanan kepada mahasiswa ini,’’ ujarnya.

Ditambahkan, pengajuan proposal dilakukan personal dengan melihat standar keterangan dari mahasiswa dan juga dilengkapi berkas pendukung seperti kartu mahasiswa dan lain-lain.

Berita Lainnya
1 dari 1.768
Loading...

Alasan pengajuan secara personal ini, mengingat sistem hibah yang ada di perguruan tinggi dikelola langsung oleh pihak kampus. Selanjutnya mengenai besaran dana masih belum ditentukan nominalnya dikarenakan masih dalam tahap pembahasan regulasi.

Selain pembahasan mengenai keringanan untuk perkuliahan mahasiswa, Biro Kesra juga memaparkan tentang hibah tahun 2020. Karena dalam waktu dekat akan dilaksanakan sosialisasinya.

“Hibah untuk anggaran tahun 2020 tanggal 18 Maret ini akan disosialisasikan. Ini memberikan informasi kepada calon hibah semua. Nanti akan ada surat keputusan dari gubernur untuk menentukan siapa yang mendapatkan hibah,’’ paparnya.

Mereka yang akan mendapatkan hibah mulai dari tempat ibadah dan jenjang pendidikan. “Pondok pesantren, Madrasah Ibtidaiyah, Madrasah Tsanawiyah ada haknya untuk menerima hibah termasuk Perguruan Tinggi,’’ ujarnya.

Sementara itu, Wakil Ketua Komisi IV DPRD Kalsel, Gusti Iberahim mengatakan, rapat dengan Biro Kesra untuk meminta penjelasan terkait bantuan yang diberikan kepada masyarakat, baik bantuan sekolah, masjid dan lainnya, termasuk mahasiswa.

“Kita menginginkan adanya Pergub yang disiapkan untuk pengajuan dana yang sifatnya dadakan, seperti halnya bantuan kepada mahasiswa berprestasi,’’ kata politisi Partai NasDem ini. (lyn/K-5)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya