Tahun ini Pendirian Museum Mini Direalisasikan  

Banjarmasin, KP – Keinginan Walikota Banjarmasin H Ibnu Sina untuk mendirikan museum mini bakal segera terwujud. Pasalnya, Dinas Pariwisata dalam tahun 2020 ini sudah mengalokasikan anggaran untuk memastikan menyimpan benda-benda bernilai sejarah, sekaligus untuk menunjang peningkatan pariwisata itu.

“In syaa Allah tahun ini Kota Banjarmasin sudah memiliki museum mini, karena anggarannya sudah dialokasikan,’’ ungkap Sekretaris Dinas Pariwisata Kota Banjarmasin, Joko Pitoyo kepada KP belum lama ini.

Disebutkan, dalam APBD tahun 2020 anggaran pendirian museum tidak terlalu besar hanya berkisar Rp500 juta lebih.

Secara terpisah anggota Badan Anggaran (Bangar) DPRD Kota Banjarmasin, Bambang Yanto Permono SE membenarkan, soal dialokasikannya anggaran untuk pendirian museum tersebut. “Rencananya bangunan  akan dijadikan museum dengan membeli rumah warga di kawasan Kelayan,’’ ujar anggota dewan dari Fraksi Partai Demokrat ini.

Berita Lainnya
1 dari 1.753
Loading...

Sebelumnya  Walikota Banjarmasin, H Ibnu Sina menghendaki Banjarmasin sebagai kota yang sudah berusia 493 tahun sudah saatnya memiliki museum kota sendiri. Ia mengatakan,  melalui museum ini, riwayat dan sejarahnya Banjarmasin bisa dilihat.

“Dengan begitu, selain dapat dijadikan untuk menggali pengetahuan, masyarakat atau orang-orang yang berkunjung ke kota ini mengetahui perjalanan sejarah kota ini,’’ kata orang nomor satu di jajaran Pemko Banjarmasin ini.

Untuk mewujudkan cita-cita tersebut, Walikota H Ibnu Sina berencana menjadikan rumah coklat di Jalan Piere Tendean persisnya tepian Sungai Martapura dijadikan museum. Kendati kecil, Ibnu yakin rumah coklat bertulis UNNO diperkirakan didirikan tahun 1928 itu nantinya mampu memberikan informasi tentang sejarah Banjarmasin.

Sekaligus, lanjutnya, untuk mendukung keberadaan arsip dan data yang saat ini dimiliki Dinas Perpustakaan dan Arsip Banjarmasin. Terkait didirikannya museum tersebut rencananya, Pemko akan menggali perbandingan untuk belajar dengan sejumlah museum baik yang ada di Indonesia maupun disejumlah negara.

“Saya berharap pendirian museum ini mendapat dukungan dan apresiasi semua pihak,’’ harap Walikota H Ibnu Sina. (nid/K-5)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya