Balangan Berlakukan Posko Check Point Cegah Penyebaran Covid-19

Paringin, KP – Cegah penyebaran Corona Virus Diseases (Covid-19) di wilayah Kabupaten Balangan telah disiagakan 3 posko Check Point untuk pemeriksaan kesehatan (screening, red) bagi pemudik sebagai upaya mengantisipasi penyebaran virus corona baru (COVID-19).

Adapun 3 titik Posko Check Point, pencegahan Penyebaran Covid-19 ini, Perbatasan Kabupaten Hulu Sungai Tengah, di Desa Hamparaya Kecamatan Batumandi. Perbatasan dengan Kabupaten Tabalong, di Desa Dahai Kecamatan Paringin, kemudian Perbatasan Hulu Sungai Utara, Posko tertempat di Desa Teluk Karya Kecamatan Lampihong.

Bupati Balangan H Ansharuddin yang juga sebagai Ketua Tim Gugus Tugas Covid-19 menyampaikan, apabila seseorang (pemudik, red) yang mau masuk wilayah Balangan dan bukan warga Balangan, kemudian pada saat pemeriksaan suhu badannya tinggi, maka akan diminta kembali ke tempat tinggalnya. .

“Namun apabila masyarakat (pemudik, red) tersebut hanya melintasi Kabupaten Balangan, misalnya ke Balikpapan, maka dipersilahkan saja.” Ujarnya, saat memantau langsung di lokasi posko Check Point di kecamatan Batumandi, Rabu (08/04) kemarin.

Menurut bupati, posko Check Point ini merupakan bentuk pengembangan Physical Distancing atau salah satu cara mencegah sebaran Covid-19 di wilayah Kabupaten. Sehingga pengedara dan penumpang dari arah luar Balangan menuju Balangan, dilakukan pemeriksaan suhu badan.

Berita Lainnya

Ansharuddin Serahkan 100 Rumah Hasil Bedah Rumah

1 dari 275
Loading...

“Dan Posko Check Point itu untuk memperketat akses keluar masuk masyarakat agar dapat memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Kabupaten Balangan,” ungkapnya.

Dengan adanya ketiga Posko Check Poin tersebut, diharapkan dapat meminimalisir adanya penyeberan Covid-19 di wilayah Kabupaten Balangan. Karena rata-rata penyeberan Covid-19 berasal dari luar daerah, sehingga agar Covid-19 tidak meluas di Kabupaten Balangan, maka didirikan Posko Check Point.

Ansharuddin menyampaikan, dari beberapa orang yang sudah diperiksa, suhu tubuhnya sekitar 34°, 36°, 36.7°.

“Itu masih suhu stabil saja,” katanya.

Kepala Dinas Kesehatan Balangan, Erwan Mega Karya Latif yang juga Juru bicara Tim Gugus Tugas Covid-19 mengatakan, suhu tubuh juga akan berpengaruh pada saat cuaca panas diperjalanan namun tidak signifikan. “Sebenarnya berpengaruh, namun tidak signifikan, paling sedikit saja kenaikan suhu tubuh,” imbuhnya.

Kegiatan Posko Check Point ini direncanakan berlangsung selama 14 hari dan beroperasi dari pukul 08.00 – 18.00 Wita. (jun/K-6)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya