Pandemi Covid-19, Pelayanan KB Jalan Terus

Banjarmasin, KP – Ditengah pandemi virus corona atau covid-19, pelayanan Keluarga Berencana harus tetap berjalan, dengan menggandeng Ikatan Bidan Indonesia (IBI) pelayanan yang diberikan mengacu pada protap pencegahan virus mematikan tersebut.

Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Kalsel, Ir.H.Ramlan, MA mengatakan hal itu usai melakukan video conference terkait komitmen pelaksanaan pelayanan kesertaan BerKB di era pandemi covid-19 bersama IBI Provinsi Kalsel di Banjarmasin, Selasa (14/4/2020).

Menurut Ramlan, mengikuti protap pencegahan virus corona, bagi yang ingin mendapatkan pelayanan KB, akan diatur oleh bidan yaitu dengan mengatur jadwal pelayanan yang tidak bergerombol tapi ditetapkan per 20 menit untuk satu orang atau satu akseptor.

Berita Lainnya
1 dari 1.424
Loading...

“Jadi pelayanan tetap jalan terus meski ada wabah virus corona,” tegas Ramlan.

Selain itu dia juga menyebutkan Petugas Lapangan KB (PLKB) akan membuat jadwal untuk peserta KB yang pelayanannya jatuh tempo, seperti suntikan yang tiga bulan sekali, akan dibuatkan daftar dan jadwal pelayanannya. “Hal ini juga membantu mengingatkan akseptor KB terhadap jadwalnya harus mendapatkan pelayanan,” tambahnya.

Dikatakan juga, terhadap komitmen pelayanan KB ditengah pandemic virus corona ini mendapat respon positif dari IBI Kalsel. “IBI siap bekerja sama dalam hal ini,” ujarnya.

Pada kesempatan itu Perwakilan BKKBN Provinsi Kalsel secara simbolis memberikan alat pelindung diri (APD) untuk anggota IBI, yaitu berupa masker dan sarung tangan. Selain itu juga diserahkan beberapa alat kontrasepsi, antara lain pil KB dan kondom. (lia/K-3)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya