Kalteng Bakal Dijadikan Kawasan Pertanian Moderen

Provinsi Kalteng akan menjadi daerah pertanian yang moderen, guna menyangga ketahanan pangan nasional, terlebih untuk mendukung ketersediaan pangan di Ibu Kota Negara Baru (IKNB) di provinsi tetangga, Kalimantan Timur.

PALANGKA RAYA, KP – Menteri Pertanian (Mentan) H. Syahrul Yasin Limpo mengatakan Provinsi Kalteng akan menjadi daerah pertanian yang maju dan modern, guna menjaga ketahanan pangan nasional, terlebih untuk mendukung ketersediaan di Ibu Kota Negara Baru (IKNB) di Provinsi Kaltim.

“Karena itu, program areal food estate, di Provinsi Kalteng mendapat dukungan pemerintah pusat melalui Kementerian Pertanian,” ujar Mentan H.Syahrul Yasin Limpo didampingi Gubernur Kalteng H.Sugianto Sabran saat meninjau Desa Gadabung, Kabupaten Pulang Pisau, Kamis (11/6/2020).

Pada Kunjungan Kerja itu, juga diikuti Pangdam XII/Tanjung Pura Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad dan Staf Ahli Menteri Pertanian, Desa Gadabung, berada di Kecamatan Pandih Batu, Kabupaten (Kab) Pulang Pisau.

Berita Lainnya
1 dari 221
Loading...

Gubernur Sugianto sendiri didampingi Kepala Perangkat Daerah Terkait Provinsi Kalteng diantaranya Kepala Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura dan Peternakan Prov. Kalteng Hj. Sunarti, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Prov. Kalteng H. Shalahuddin dan Plt. Kadis Ketahanan Pangan Prov. Kalteng Lilis Suryani.

Kedatangan Mentan bersama Gubernur dan rombongan disambut langsung Bupati Pulang Pisau H. Edy Pratowo di Desa Gadabung, Kab.Pulang Pisau, terang Plt.Kadid Kominfo, Persandian dan Statistik Kalteng Agus Siswadi.

Kunker Mentan tersebut untuk meninjau calon lokasi lahan sawah baru “Food Estate” yang berada di Kab. Pulang Pisau, dan dalam waktu dekat di kunjungi Wapres RI.

Program Food Estate di Kabuparen Pulang Pisau merupakan konsep pengembangan produksi pangan secara terintegrasi dengan pertanian, perkebunan bahkan peternakan pada suatu kawasan yang luas, tepatnya lahan eks PLG Sejura ha.

Selain Desa Gadabung, juga dikunjungi Desa Belanti Siam, Mentan H. Syahrul Yasin Limpo dan Gubernur H. Sugianto Sabran menyerahkan bantuan Kredit Usaha Rakyat (KUR) Mandiri secara simbolis kepada beberapa kelompok tani Desa Gadabung. (drt/k-10)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya