UDD PMI Kewalahan Penuhi Darah RS

Banjarmasin, KP- Pandemi Covid-19 saat ini cukup berpengaruh terhadap pendonor darah sukarela yang biasanya rutin melaksanakan donor menjadi menurun. Buntutnya, persediaan darah di Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Banjarmasin sampai sekarang terus mengalami kekurangan stok.

Bahkan dampaknya, Kepala Unit Donor Darah (UDD) PMI Kota Banjarmasin, dr Aulia Ramadhan Supit mengaku, cukup kewalahan untuk memenuhi permintaan darah yang dimohonkan sejumlah rumah sakit di Banjarmasin.

Melalui pesan WA diterima {KP} Selasa (28/7/2020) menyebutkan, saat ini UDD PMI Kota Banjarmasin membutuhkan setidaknya persediaan darah golongan “A” sebanyak 35 kantong, golongan darah “B” 30 kantong, golongan “O” 10 kantong dan darah golongan “AB” sebanyak 10 kantong.

“ Persediaan stok darah itu guna memenuhi permintaan pasien yang kini sedang dirawat di sejumlah rumah sakit di Banjarmasin yang terpaksa tidak bisa kami penuhi karena persediaan kosong,” ujarnya.

Mengatasi kekurangan stok darah di tengah kondisi wabah virus corona ini, Aulia Ramadhan Supit menghimbau, seluruh elemen masyarakat agar secara sukarena untuk mendonorkan darahnya.

“Saya mohon meminta bantuannya kepada seluruh masyarakat Kota Banjarmasin untuk mendonorkan darahnya karena sudah beberapa hari ini kami kembali mengalami kekurangan persediaan stok darah,” kata Kepala Unit Donor Darah (UDD) PMI Kota Banjarmasin, dr Aulia Ramadhan Supit.

Berita Lainnya
1 dari 1.390
Loading...

Aulia Ramadhan mantan anggota DPRD Kota Banjarmasin priode 2014 – 2019 ini mengatakan, terhadap warga yang ingin mendonorkan darahnya bisa langsung datang ke UDD PMI Banjarmasin Jalan S Parman atau melalui Kantor Cabang Baru PMI Kota Banjarmasin Jalan Niaga Utara No : 20 Banjarmasin.

.“ Atau jika mau mengadakan kegioatan sosial donor darah bisa mengubungi kontak kami melalui nomor HP 081953706909,” ujarnya.

Ia mengemukakan, kebutuhan stok darah setiap harinya minimal tersedia sebanyak 150 kantong. Persedian darah ini untuk melayani permintaan RSUD Ulin Banjarmasin yang membutuhkan sekitar 100 kantong darah setiap harinya.

“ Sedangkan sekitar 50 kantong darah didistribusikan untuk memenuhi permintaan RS Ansyari Saleh dan rumah sakit swasta lainnya di Banjarmasin,” kata Aulia Ramadhan.

Aulia Ramadhan mengatakan, donor donor darah ini sangatlah dibutukan untuk memberikan pertolongan terhadap sesama. Karena ujarnya, meski dengan satu darah yang disumbangkan bisa menyelamatkan nyawa orang lain.

“ Tidak hanya bisa menyelamatkan nyawa orang lain, bahkan menurut Organisasi kesehatan dunia WHO menekan pentingnya donor darah karena sangat bermanfaat untuk kesehatan, terutama dalam menyeimbangkan kadar zat besi dalam tubuh,” demikian kata Aulia Ramadhan Supit. (nid/K-3)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya