Bupati HST dan Gugus Tugas Berdialog Dengan Para Ulama

Barabai, KP – Bupati Hulu Sungai tengah H A Chairansyah didampingi Sekda HST H Faried Fakhmansyah dan kepala Dinas BPBD H Budi Harianto dihadiri Kapolres HST , Perwakilan Dandim 1002/Barabai, Assisten I,II,III, Kemenag, RSUD H Damanhuri Barabai, Dinkes, Dinsos PPKBPP dan PA, MUI, NU, Muhammadiyah, Bertempat di Auditorium Pemda kab HST, Kamis (30/7/2020).

Bupati HST H A Chairansyah menerangkan dengan mewabahnya covid-19 di seluruh dunia dan dalam dua minggu terakhir ini terjadi peningkatan covid-19 di wilayah kabupaten  HST, angka pasien yang positif covid-19 di bumi murakata per tanggal 30 Juli 2020 mencapai 159 orang, dalam perawatan mencapai 95 orang, sembuh ada 57 orang dan yang meninggal ada 7 orang, tindakan pencegahan dan penanganan covid-19 yang dilakukan oleh gugus tugas dan pihak rumah sakit sudah sesuai dengan arahan WHO dan juga arahan dari Kementerian kesehatan kemudian dilaksanakan sesuai SOP yang sudah ditetapkan.

Berita Lainnya
1 dari 461

Setelah itu ketua MUI Kabupaten HST H.Wajhuddin Saleh dan para ulama menanyakan berkenaan dengan isu-isu yang berkembang dimasyarakat MUI dan para ulama menanyakan kepada tim gugus tugas sebagai garda terdepan covid-19 mohon kejelasan mengenai orang yang positif copid-19 yang meninggal dunia dan minta kejelasan tata cara bagaimana memandikan jenajah covid-19 dan tata cara penguburannya.

Sementara Kabid Yanmed RSUD H Damanhuri Barabai dr Dessy Zuanita Lestari menjelaskan dalam penanganan pasien yang di duga covid-19 mulai dari tes rapid, tes swab sampai isolasi/karantina pasien Covid-19 dengan OTG, hingga penanganan pemakaman pasien Covid-19 yang meninggal.

Mengenai penanganan tata cara memandikan pasien Covid-19 yang meninggal penanganannya sesuai dengan fatwa MUI mulai dari dimandikan, penyembahyangan sampai pemakaman sesuai dengan SOP yang telah ditetapkan, tentu saja petugas tetap memakai APD yang lengkap,” ungkapnya. (adv/ary/K-6)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya