Plt Kadishut Kalsel Pompa Semangat Kru Tahura Sultan Adam

Martapura, KP – Musim kemarau sudah tiba. Di bawah rindangnya pohon beringin dan deru angin, lambaian daun seperti menyambut kedatangan Plt Kadishut Kalsel Fathimatuzzahra, Minggu (23/8). Ia datang untuk menyemangati dan memotivasi para petugas di lapangan dalam menghadapi dan mencegah kebakaran hutan dan lahan.

Keluarga besar Tahura Sultan Adam dengan penuh semangat menyambut kedatangan orang pertama di Dishut Kalsel di siang yang terik itu.

Aya, begitu sapaan akrabnya, kepada seluruh jajaran tahura berharap agar waspada di musim kemarau tahun ini. Ia meminta patroli ke titik rawan kebakaran hutan dan lahan ditingkatkan.

“Minimalisir karhutla sejak dini. Kewaspadaan dan antisipasi ditingkatkan,” tegasnya.

Berita Lainnya
1 dari 313
Loading...

Ia meminta kekompakan dan kebersamaan tim yang sekarang terjalin baik, lebih dikuatkan.

Kepala Tahura Sultan Adam, Ainun Jariah menuturkan saat ini sudah membentuk MPA berbasis desa dan sejak awal Agustus lalu sudah aktif melaksanakan giat. Kekuatan pasukan MPA lebih dari 200 orang yang menyebar di tingkat tapak.

“Mereka telah mendirikan posko, serta patroli rutin di daerah rawan karhutla, siang dan malam,” katanya.

Ainun menjelaskan bahwa, MPA yang telah dibentuk juga disertai peralatan. Sedangkan personal use di-support sepenuhnya oleh pemegang Izin Pinjam Pakai Kawasan Hutan (IPPKH) yang berkegiatan.

“MPA berbasis desa bukan saja menjaga areal Rehab DAS, tetapi kebun milik warga dan wilayah desa juga menjadi kewajiban untuk dijaga dari karhutla,” ucapnya. (adv/KPO-1)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya