Raperda APBD 2021 Pemkab HSS Prioritas Pulihkan Ekonomi Daerah

Kandangan, KP – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Hulu Sungai Selatan (HSS) menyampaikan rancangan peraturan daerah (Raperda) anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) tahun 2021, Jumat (11/9/2020) pukul 14.00 Wita.

Raperda APBD 2021 itu disampaikan Bupati HSS Achmad Fikry, dalam sidang paripurna di Gedung DPRD Kabupaten HSS.

Tahun 2021 merupakan tahun ke tiga dari rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD) Kabupaten HSS 2018-2023. Hal itu menjadi sangat krusial bagi kemajuan pembangunan, terlebih adanya pandemi Covid-19 ini.

Sehingga Pemkab HSS pada 2021 mendatang, akan berfokus dan memprioritaskan untuk mempercepat pemulihan ekonomi dan sosial, sektor unggulan pertanian, dan pariwisata melalui pemberdayaan kelompok usaha dan ekonomi kreatif. 

“Adapun prioritas pembangunan kita adalah meningkatkan pertumbuhan ekonomi yang berkualitas dan inklusif, meningkatkan kualitas sumber daya manusia, meningkatkan infrastruktur ekonomi sosial yang berkualitas, meningkatkan tata kelola pemerintahan, serta meningkatkan kualitas lingkungan hidup dan ketahanan bencana,” papar Bupati HSS Achmad Fikry, dalam pengantarnya pada penyampaian Raperda itu.

Berita Lainnya
1 dari 289
Loading...

Bupati Achmad Fikry mengungkapkan, APBD tahun 2021 mengalami penurunan pada pendapatan. Pendapatan pada APBD 2021 ditargetkan sebesar Rp. 1.223.574.330.000, atau turun 1,15 persen dibanding dengan target APBD 2020. 

Hal itu disebabkan belum masuknya Dana Alokasi Khusus (DAK) dari pusat. Sebab, sumber penerimaan dari pendapatan transfer merupakan komposisi terbesar, dari seluruh jenis pendapatan daerah.

Terkait belanja daerah pada Raperda APBD 2021 ditargetkan sebesar Rp. 1.340.479.195.000, atau turun sebesar 1,55 persen dibanding pada APBD 2020.

“Pemkab berupaya dalam perencanaan anggaran belanja daerah yang berbasis kinerja, untuk lebih mempertajam alokasi anggaran secara efektif dan seefisien mungkin. Sehingga walaupun dengan dana yang terbatas, diusahakan agar setiap dana yang dikeluarkan benar-benar diarahkan untuk program pelayanan terhadap masyarakat,” jelas Bupati Fikry.

Achmad Fikry menuturkan, pihaknya juga terus melakukan berbagai upaya, untuk dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Salah satunya dengan penyediaan fasilitas dasar, fasilitas publik, peningkatan kualitas pendidikan dan kesehatan, serta penyediaan infrastruktur untuk mendorong tumbuhnya perekonomian di masyarakat.

Rapat paripurna penyampaian Raperda APBD 2021 itu turut dihadiri Wakil Bupati Syamsuri Arsyad, Sekretaris Daerah Kabupaten HSS Muhammad Noor, para Asisten dan Staf Ahli Setda, serta para Kepala SOPD. (tor/K-6)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya