Ketua PKK HSS Kembali Tinjau IVA dan Sadanis di 3 Kecamatan

Kandangan, KP – Ketua Tim Penggerak (TP) Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) Isnaniah Achmad Fikry, kembali meninjau pelaksanaan inspeksi visual asam asetat (IVA) dan periksa payudaya klinis (Sadanis).

Pemeriksaan dilaksanakan untuk perempuan di Kecamatan Kandangan, Padang Batung, dan Telaga Langsat Selasa (20/10/2020).

Peninjauan diawali ke Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Jambu Hilir Kecamatan Kandangan, kemudian ke Puskesmas Kaliring di Kecamatan Padang Batung, dan terakhir ke Pusat Kesehatan Desa (Puskesdes) Gumbil Kecamatan Telaga Langsat.

Peserta yang mengikuti IVA dan Sadanis hari itu, diikuti sebanyak 32 orang di Puskesmas Jambu Hilir, 22 orang di Puskesmas Kaliring, dan 19 orang di Puskesdes Gumbil.

Selain meninjau pelaksanaan IVA dan Sadanis, Isnaniah Achmad Fikry juga memberikan penyuluhan kepada masyarakat tentang protokol kesehatan di masa pandemi Covid-19. Serta, membagikan masker kain yang bisa digunakan masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.

Berita Lainnya
1 dari 344

Ketua TP PKK Kabupaten HSS Isnaniah Achmad Fikry mengatakan, pemeriksaan deteksi dini kanker leher rahim dengan metode tes IVA dan kanker payudara dengan metode Sadanis, dilakukan untuk melindungi wanita dari kanker payudara dan kanker serviks. Hal itu untuk mewujudkan Indonesia bebas kanker payudara dan serviks.

“Sehingga kaum perempuan di Kabupaten HSS, terhindar dari penyakit kedua kanker yang merupakan pembunuh wanita nomor satu di Indonesia,” ujarnya.

Ketua TP PKK Kecamatan Kandangan, Dewi Fahrina Megasari mengatakan, pemeriksaan yang dilaksanakan di 3 Kecamatan kali ini diikuti 73 kaum perempuan. Tujuannya jelasnya, agar wanita Indonesia khususnya Kabupaten HSS bisa mengetahui dan mendeteksi secara dini kanker serviks maupun kanker payudara.

“Di Puskesmas Jambu Hilir, Kecamatan Kandangan diikuti 32 orang, Puskesmas Kaliring, Kecamatan Padang Batung ada 22 orang, dan Puskesdes Gumbil, Kecamatan Telaga Langsat ada 19 orang,” rincinya.

Pelaksanaan IVA dan Sadanis itu merupakan kerjasama TP PKK Kabupaten HSS, yang bekerjasama dengan Seksi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular (P2PTM) Dinas Kesehatan Kabupaten HSS, yang rutin diadakan setiap tahun. (tor/K-6)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya