Sering Ganggu Anak-Anak
Monyet Liar di Mantuil Akhirnya Dievakuasi Petugas

Banjarmasin – Monyet ekor panjang yang sering meresahkan warga di Komplek Warga Indah VII, RT 28 Blok H, Jalan Tembus Mantuil, Kecamatan Banjarmasin Selatan akhirnya berhasil dievakuasi petugas Animal Rescue Banjarmasin, Rabu (18/11) siang.

Butuh waktu sekitar 1 jam bagi petugas untuk bisa mengevakuasi satu ekor monyet yang sering mengejar anak-anak tersebut.

Dari pantauan di lapangan, petugas Animal Rescue Banjarmasin yang berasal dari gabungan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) serta Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan (DKP3) Banjarmasin ini, tampak kewalahan mengevakuasi satu monyet liar tersebut.

Pasalnya, hewan jenis satu ini cukup lincah sehingga sulit untuk dikepung petugas. Namun dengan menggunakan alat sumpit bius yang tepat mengenai bagian paha, akhirnya monyet tersebut bisa dievakuasi dengan aman

“Metode yang kita gunakan yaitu dengan sumpit bius. Karena kalau tembakan, suaranya keras. Hewan sasaran pasti bisa lari,” beber Medik Veteriner DKP3 Kota Banjarmasin, drh Anang Dwijatmiko, usai berhasil mengevakuasi monyet.

Berita Lainnya
1 dari 1.859

Setelah monyet itu dalam kondisi tenang, petugas yang telah mengepung hewan itu barulah bisa menangkapnya.

Monyet itu kemudian diikat kakinya agar tak berontak sebelum dibawa ke kantor BPBD Kota Banjarmasin di Jalan RE Martadinata, Kecamatan Banjarmasin Tengah.

Menurut Anang, evakuasi ini lantaran banyaknya laporan dari warga setempat yang merasa resah dan terganggu dengan adanya monyet liar tersebut.

“Berdasaekan laporan dari warga memang meresahkan, mengejar anak-anak, mengobrak-abrik dapur terus di toko-toko biasanya dia ngambil barang-barang,” ujarnya.

Menurut informasi, monyet yang berkeliaran ini diduga karena habitat atau wilayah tempat mereka mencari makanan sudah rusak dan terdesak oleh pemukiman.

Ia menerangkan, usai dievakuasi, monyet liar itu selanjutnya akan ditangani DKP3 Kota Banjarmasin untuk nantinya dilepas liarkan ke habibat asalnya. (Zak/K-3)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya