Bantuan Bibit Untuk Petani Hortikultura Tala

Pelaihari, KP – Untuk mengurangi dampak dari pandemi covid-19 bagi para petani hortikultura, Direktorat Hortikultura Kementerian Pertanian Republik Indonesia melalui Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan (Distanhorbun) Kabupaten Tanah Laut (Tala) menyerahkan bantuan Bibit Jagung Manis dan Aneka Cabai kepada Kelompok Tani di Kabupaten Tanah Laut.

Bantuan berupa bibit jagung manis merk Eksotik sejumlah 1.540 sachet untuk 71 kelompok tani, bibit cabai rawit merek Sigantung sejumlah 150 sachet untuk 14 kelompok tani dan bibit cabai besar untuk 15 kelompok tani diserahkan secara simbolis oleh Wakil Bupati Tala Abdi Rahman di halaman kantor Distanhorbun Tala pada Rabu (16/12/2020).

Abdi Rahman mengatakan bahwa Kabupaten Tala diuntungkan karena kondisi geografis yang sangat cocok untuk pertanian dan perkebunan, selain itu jumlah petani yang cukup banyak sehingga dapat menjadi pemasok hasil tani dan perkebunan untuk daerah sekitar Tala.

Berita Lainnya

Ponpes Darul Hijrah Dirikan Cabang di Tala

Pemkab Tala Terima Hibah Bus Sekolah

1 dari 306

“Dengan produksi yang baik pemerintah berperan untuk menjaga stabilitas harga dan membantu distribusi hasil tani dan perkebunan agar petani tidak mengalami kerugian, terlebih dimasa pandemi ini,” ucap Abdi.

Sementara itu plt. Kepala Distanhorbun Tala Ir. Akhmad Khairin mengatakan di kabupaten Tala telah ditetapkan kawasan hortikultura melalui SK Bupati nomor 188.45/626.KUM/2020. Kawasan tersebut adalah wilayah Kecamatan Bati-bati, Pelaihari, Bajuin, Batu Ampar, Takisung dan Panyipatan. Sasaran luas tanam untuk usaha komoditas hortikultura khususnya aneka cabai di Kabupaten Tala adalah 786 Ha, sedangkan jagung manis di tahun 2020 adalah seluar 20 Ha dan komoditas hortikultura lainnya seluas 811 Ha.

Saat ini hasil komoditas hortikultura Kabupaten Tala selain dipasarkan di daerah Kabupaten Tala juga telah merambah pasar di luar sekita Kabupaten Tala. (rzk/K-6)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya