Jelang Nataru, Penumpang Kapal Laut Tetap Sepi

Banjarmasin, KP – Arus penumpang kapal laut menjelang hari besar keagamaan nasional, yakni hari Natal 2020 dan memasuki Tahun Baru 2021 tak mengalami lonjakan yang signifikan.

Hal tersebut diungkapkan, Anton Wahyudi, Manager Cabang PT Dharma Lautan Utama (DLU) Banjarmasin. Menurutnya, jumlah penumpang tak seramai seperti tahun-tahun sebelumnya.

Dari kapasitas 900an penumpang, hanya terisi sekitar 10 persennya saja. Jumlah orang yang berangkat, kurang lebih sama dengan penumpang yang datang.

“Ada sedikit pergerakan jumlah penumpang dari hari biasanya, tapi masih tak seramai sebelum pandemi Covid-19,” ujar Anton, saat dihubungi Kalimantan Post, Rabu (23/12).

Ia menambahkan, menjelang hari libur Natal dan Tahun Baru kali ini pun, orang yang menggunakan kapal laut milik DLU masih jauh dari yang diharapkan.

“Jika tahun lalu, saat momentum seperti ini pasti sudah ramai. Tapi, Natal dan Tahun Baru kali ini tak lebih dari 100 penumpang. Mungkin, karena masih di tengah pandemi menyebabkan orang enggan pulang kampung atau berlibur,” ucapnya.

Berita Lainnya
1 dari 579

PT DLU sendiri memiliki dua armada yang beroperasi melayani perjalanan laut, yakni KM Dharma Kartika IX dan KM Kirana IX. Kapal ini membawa penumpang dari Banjarmasin-Surabaya, maupun sebaliknya.

“Memang, cuaca agak sedikit kurang bagus. Tapi kapal kita besar-besar. Insya Allah tak terlalu terpengaruh,” sebutnya.

Di sisi lain, Anton menuturkan, selama pandemi Covid-19 protokol kesehatan selalu diterapkan. Mulai dari kantor, terminal hingga calon penumpang. Begitu juga kondisi di dalam kapal yang harus selalu dilakukan penyemprotan disinfektan.

“Prokes tetap kami utamakan. Calon penumpang harus dalam keadaan sehat. Rapid test jadi syarat wajib. Kami tak akan menjual tiket kepada penumpang yang tak membawa surat keterangan sehat atau hasil rapid testnya reaktif. Semua demi kenyamanan dan keselamatan bersama,” imbuhnya.

Sementara itu, untuk harga tiket kapal, Anton mengatakan tidak ada perubahan dengan sebelumnya. “Harga tiket tetap sama, mulai harga Rp 40.000 untuk bayi sampai Rp 370.000 untuk dewasa,” pungkas Anton. (opq/K-1)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya