Daging Ayam Ras di Kalsel Surplus

Alhamdulillah, daging sapi maupun ayam ketersesiaannya sangat cukup. Jadi, masyarakat tidak perlu khawatir. Kita sudah antisipasi jauh-jauh hari ketersediaan daging untuk kebutuhan Natal dan Tahun Baru,” kata Suparmi

BANJARBARU, KP – Jelang perayaan Natal 2020 dan tahun baru 2021 (Nataru), Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunak) Kalsel, memastikan ketersediaan daging ayam ras dan daging sapi tetap aman. Antara ketersediaan dan kebutuhan masih seimbang.

Dari data yang ada khusus daging ayam ras, pada Desember 2020 ketersediaannya diperkirakan mencapai 7.180.536 ekor, sedangkan kebutuhan hanya di kisaran 4.243.517 ekor.

Menurut Kepala Disbunak Kalsel, Suparmi, ketersediaan ayam ras surplus untuk kebutuhan di Kalsel.

Bahkan, lanjutnya, Provinsi Kalsel bisa menyediakan kebutuhan untuk provinsi lain. Salah satunya, Kalteng (Kalimantan Tengah).

“Alhamdulillah, daging sapi maupun ayam ketersesiaannya sangat cukup.

Berita Lainnya
1 dari 936

Jadi, masyarakat tidak perlu khawatir. Kita sudah antisipasi jauh-jauh hari ketersediaan daging untuk kebutuhan Natal dan Tahun Baru,” kata Suparmi, Selasa (22/12)

Disbunak Kalsel mencatat ketersediaan daging sapi pada bulan ini berjumlah 2.169 ekor, sedangkan kebutuhan diprediksi hanya 1.998 ekor.

“Untuk stok daging sapi, kita sudah menyiapkan dan selalu mengecek secara rutin.

Kalau kurang para pelaku usaha langsung mengantisipasinya dengan mengambil dari luar Kalsel,” urai Suparmi.

Selain daging sapi, dia menyebut ketersediaan daging kerbau juga aman untuk kebutuhan Nataru.

“Ketersediaan daging kerbau bulan ini ada 204 ekor, sementara keperluan mungkin hanya 196,” runutnya. (mns/K-1)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. TerimaSelengkapnya