Lomba Kesatuan Gerak PKK PKK Berperan Adaptasi Kebiasaan Baru

Banjarbaru, KP – Ketua tim penilai verifikasi Lomba Kesatuan Gerak PKK Bangga Kencana Kesehatan tahun 2020 tingkat Provinsi Kalsel, Ramlan mengatakan, kegiatan ini untuk meningkatkan kepedulian bersama untuk hidup sehat dan sejahtera dalam adaptasi kebiasaan baru menuju Indonesia maju.

“Ini sengaja dilakukan agar PKK berperan dalam adaptasi kebiasaan baru di tengah pandemi Covid-19,” kata Ramlan, kemarin, di Banjarbaru.

Menurut Ramlan, PKK selama ini telah memberikan kontribusi yang besar khususnya di bidang kesehatan, hal ini dibuktikan dengan hadirnya PKK di berbagai kegiatan termasuk pada suasana pandemi Covid-19.

“PKK terjun langsung untuk menyosialisasikan penggunaan masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak kepada masyarakat,” tambahnya.

Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan cakupan pelayanan yang merata, upaya kesehatan yang merata, lingkungan di rumah dan pemukiman yang bersih, sehat dan berkualitas dalam program pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga.

Berita Lainnya
1 dari 685

“Juga pembangunan keluarga kependudukan dan keluarga berencana dan kesehatan serta mampu meningkatkan peran serta pria dalam rangka keadilan dan kesetaraan gender di masyarakat,” ujar Ramlan.

Untuk itu, Ramlan meminta PKK untuk lebih memfokuskan pada kegiatan-kegiatan yang secara langsung dapat meringankan beban keluarga terutama dalam mendapatkan mendapatkan pelayanan KB dan kesehatan sesuai dengan prioritas masalah yang ada dengan memperhatiakan potensi dan keanekaragaman daerah.

Asisten II Bidang Perekonomian Pembangunan dan Kesejahteraan Rakyat, Puspa Kencana, menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada TP PKK Kota Banjarbaru atas kerjasamanya dalam membantu pemerintah dengan berbagai program pemberdayaan masyarakat.

“Verifikasi lomba ini tentu akan meningkatkan motivasi jajaran pemerintah dan masyarakat untuk lebih giat lagi dalam mengintegrasikan pemikiran dan kegiatan pada lembaga PKK,” kata Puspa Kencana.

Diharapkan tujuan kegiatan dapat tercapai secara optimal. “Lomba ini diharapkan dapat menjadi penyemangat baru untuk lebih meningkatkan peran gerakan PKK dalam pembinaan pemberdayaan masyarakat, terutama dalam menyongsong era kenormalan baru dengan membiasakan gerakan 3M di masyarakat,” jelasnya. (dev/K-3)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. TerimaSelengkapnya