Banjar Dinilai Terbaik Gerakan Menuju 100 Smart City

Martapura, KP – Hasil penilaian evaluasi implementasi masterplan dan quick win smart city tahap I Gerakan 100 Smart City, dari 25 daerah, Kabupaten Banjar mendapat nilai cukup baik.

Berdasarkan surat dari Kementerian Komunikasi dan Informatika, Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika, 30 Desember 2020 tadi, nilai rata-rata Banjar berada di posisi 3 terbaik dari 25 kabupaten/kota. Sedang untuk level kabupaten, berada di posisi terbaik kedua setelah Kabupaten Demak. Namun di antara kabupaten/kota di Kalimantan, nilai Kabupaten Banjar merupakan terbaik pertama.

Hasil penilaian rata-rata Kabupaten Banjar mendapat 3,41, pada kriteria baseline nilai 3,51, untuk nilai output dan outcome nilai 3,14 dan 3,34. Nilai untuk impact 3,8, sedang quick win diberi nilai 3,57.

”Dengan hasil ini, kami ucapkan terima kasih sebesar-besarnya atas partisipasi serta kerja semua SKPD dan stakeholder terkait,” kata Sekdakab HM Hilman, Kamis (7/1).

Berita Lainnya

140 Pambakal Siap Dilantik Awal Juli

1 dari 576

Dikatakannya, evaluasi ini atas lima dimensi, yaitu dimensi baseline, output pada kebijakan, kelembagaan dana anggaran, outcome pada program smart governance, smart branding, smart economy, smart living, smart society dan smart environment, dimensi impact pada perbaikan dan keterlibatan masyarakat serta dimensi quick win dinilai dari inovasi, daya tarik, manfaat, keunikan, peluang kemitraan, potensi pengembangan, keberlangsungan, sumberdaya, manajemen resiko dan keberlanjutan.

”Hasil evaluasi ini sebagai bahan masukan untuk perbaikan guna mengintegrasikan teknologi dan informasi dalam tata kelola pemerintahan dan pembangunan, sehingga bisa mempertinggi efisiensi, memperbaiki pelayanan publik serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” katanya

Kadis Kominfostandi HM Aidil Basith menambahkan, selanjutnya bersama SKPD lainnya, pihaknya siap membenahi kekurangan, sehingga benar-benar mampu mewujudkan Banjar Smart City.

Kabid E-Government Cornelius Kristianto menambahkan pula, sebagai salah satu dari 100 kabupaten/kota di Indonesia yang masuk Gerakan 100 Smart City, Kabupaten Banjar akan dievaluasi setiap tahunnya. (Wan/K-3)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya