Hujan Deras Terus Mengguyur, 4 Kecamatan di HSS Terdampak Luapan Sungai

Kandangan, KP – Hujan deras berdurasi lama, Sungai Amandit dan sungai-sungai kecil di Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) meluap. Akibatnya, pemukiman masyarakat berbagai desa di 4 Kecamatan terendam.

4 Kecamatan itu, yakni Kecamatan Loksado, Padang Batung, Kandangan, dan Angkinang. Ketinggian genangan di pemukiman warga bervariasi, dari 10 sentimeter hingga mencapai 1 meter.

Air pasang terjadi mulai dari Wilayah Loksado, Rabu (13/1/2021) pada pukul 22.45 Wita. Kemudian, sudah surut dan tak menggenang pemukiman warga pada Kamis (14/1/2021) pukul 03.00 Wita dinihari.

Air terus mengalir dari Loksado yang merupakan wilayah pegunungan itu, menuju dataran rendah. Hingga berestafet, giliran kecamatan lainnya yang terendam air.

Berita Lainnya
1 dari 387

Kepala Pelaksana (Kalak) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten HSS Syamsudin mengatakan, ketinggian air terus meningkat dan diperkirakan puncaknya pada pukul 13.00 Wita.

Syamsuddin menjelaskan, pihaknya masih memetakan seluruh lokasi dan jumlah warga terdampak luapan sungai serta bencana alam lain yang disebabkan hujan deras.

“Kami masih melakukan pendataan, kemungkinan jumlah warga terdampak bertambah dibandingkan yang sebelumnya,” ujarnya.

Menanggulangi itu, Pemkab HSS melalui BPBD Kabupaten HSS mendirikan Posko Induk Penanggulangan Bencana. Serta, Dinas Sosial membuat dapur umum untuk sekitar 3000 orang lebih warga terdampak.

Sampai pukul 17.00 Wita, hujan ringan masih mengguyur berbagai wilayah di Kabupaten. Sejumlah wilayah di Kota Kandangan masih tergenang. (tor/KPO-1)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya