Resmi, Roy Rizali Anwar “Gantikan” Paman Birin

Berita Lainnya
1 dari 1.315

Banjarbaru, KP – Roy Rizali Anwar, yang saat ini menjalan tugas sebagai Penjabat (Pj) Sekdaprov Kalsel, secara resmi, Sabtu (13/2), menggantikan H. Sahbirin Noor, sebagai Gubernur Kalsel.
Gubernur dan Wakil Gubernur Kalsel H. Sahbirin Noor – H. Rudy Resnawan resmi mengakhiri masa jabatan periode 2016-2021, Jumat (12/2). Selanjutnya Roy ditugaskan sebagai Pelaksana harian (Plh) Gubernur Kalsel.
Roy Rizali Anwar, tidak menampik sejak saat ini dirinya mengemban tiga tugas sekaligus. Pertama, kepala dinas pekerjaan umum dan penataan ruang, Pj sekda, dan Plh gubernur.
“Plh ini atas perintah dari Mendagri, Tito Karnavian. Dia bakal bertugas hingga Gubernur Kalsel hasil Pilkada 2020 dilantik. Tentu saja kami berharap bisa mengantarkan tugas ini dengan sebaik-baiknya,” kata.
Roy juga menyampaikan terima kasih kepada Sabirin-Rudy yang disebutnya banyak membuat perubahan di Kalimantan Selatan . Dia mendoakan Sahbirin dan Rudy selalu dalam lindungan Tuhan.
“Sesuai aturan baik sekda definitif maupun sekda tidak definitif apabila terjadi kekosongan kepala daerah maka secara otomatis menjadi Plh,” tambah Kabag Otonomi Daerah (Otda) Biro Pemerintahan dan Otda Setdaprov Kalsel, Wira Yudha Permana, Sabtu (13/2/2021).
Dikatakan Wira, Pj Sekdaprov Kalsel tersebut menjalankan tugas sebagai Plh gubernur sampai Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menugaskan Pj gubernur atau dilantiknya gubernur dan wakil gubernur baru. Ia menyebut aturan ini juga berlaku untuk kabupaten kota yang sudah selesai melaksanakan pilkada.
Kabupaten kota juga demikian sekda setempat menjalanan tugas Plh kepala daerah samai pelantikan. Bagi daerah yang bersengketa di Mahkaman Konstitusi (MK) jika Kemendagri belum menugaskan Pj maka sekda setempat bertugas sebagai Plh,” ucapnya.(mns/KPO-1)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. TerimaSelengkapnya