Pemangsa 6 Ayam Bambang Akhirnya Ditangkap

Banjarmasin, KP – Ular Piton yang memangsa peliharaan Bambang, warga Jalan Cemara Raya 2, Kelurahan Sungai Miai, Kecamatan Banjarmasin Utara akhirnya berhasil ditangkap, Senin (26/04) pagi.

Anggota Tim Rescue dan TRC (Tim Reaksi Cepat) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Banjarmasin, Hanafi mengatakan, hewan melata jenis Sanca Kembang tersebut sudah beberapa hari terakhir membuat penghuni rumah dan warga sekitar resah.

“Soalnya, sebelum ditangkap, ular ini sudah ada empat ekor ayam bangkok,” ucapnya saat dibincangi awak media.

Bahkan. Ia melanjutkan, saat ditangkap ular berukuran 2,5 meter ini sedang asyik menikmati mangsanya. Satu ayam sudah ditelan dan satu lagi sedang dililitnya.

Berita Lainnya
1 dari 2.770

Ia menjelaskan, si pemilik sudah beberapa hari mengincar hewan buas tersebut untuk ditangkap. Bahkan Bambang pun sudah melaporkan kepada petugas Animal Rescue bahwa sejak pertama kali ayam kesayangannya dimangsa beberapa hari sebelum penangkapan.

Namun, dalam proses evakuasi pihaknya tidak menemui kendala yang berarti. Sehingga mudah untuk ditangkap.

“Sering lolos, jadi sulit untuk ditangkap. Beruntung hari ini si ular sedang melilit ayam bangkok di dalam kurungan. Jadi lumayan mudah menangkapnya,” ujar Hanafi.

Total ada enam ayam bangkok milik warga yang sudah dimangsanya.

Menurutnya, kemunculan ular piton di pemukiman warga tersebut kemungkinan besar dikarenakan wilayah habitatnya terganggu. Sehingga memaksa ular tanpa bisa itu masuk ke lingkungan masyarakat untuk mencari mangsa.

Setelah diamankan, hewan yang biasa disebut masyarakat dengan nama Ular Sawa itu rencananya akan dilakukan karantina supaya tidak stress ketika dilepas liarkan ke alam bebas.

“Kita akan koordinasikan dengan BKSDA (Balai Konservasi Sumber Daya Alam) Provinsi Kalimantan Selatan untuk melepas ular ini ke habitat aslinya,” pungkasnya. (Zak/KPO-1)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya