Bupati Berharap BUMDes Berdayakan Masyarakat Desa

Pelaihari, KP – Bupati Tanah Laut (Tala) HM Sukamta berharap Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dapat memberdayakan masyarakat desa.

Hal tersebut diungkapkan Bupati Tala HM Sukamta saat membuka acara Sosialisasi Peraturan Daerah (Perda) Provinsi Kalimantan Selatan Nomor 4 Tahun 2016 Tentang Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) di Aula Kantor Kecamatan Bati-Bati, Minggu (9/5/2021).

Sukamta mengaku bangga karena BUMDes Berkah Mulia milik Pemerintah Desa Bukit Mulia, Kecamatan Kintap menjadi BUMDes terbaik I tingkat Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), menurutnya hal itu harus ditiru oleh BUMDes-BUMDes lain yang ada di Kabupaten Tala.

Berita Lainnya
1 dari 417

“BUMDes Berkah Mulia berhasil menjadi BUMDes terbaik se-Kalsel, mereka memiliki bidang usaha peternakan telur dan katering makanan untuk perusahaan besar sekelas PT.Arutmin Indonesia. Tentunya ini adalah kerjasama yang bagus antara BUMDes dengan pihak swasta dan usaha untuk menyejahterakan masyarakat disekitar tambang,”tuturnya.

Menurutnya BUMDes yang ada di Kecamatan Bati-Bati harus bisa meniru BUMDes milik Pemdes Bukit Mulia tersebut, “DI Kecamatan Bati-Bati ini kan banyak perusahaan, pasti ada pekerjaan yang bisa dilakukan oleh BUMDes. Kami Pemkab Tala siap membantu mendorong pihak swasta untuk bekerjasama dengan BUMDes kita adakan mediasi nanti, ini semata-mata agar masyarakat desa produktif melalui BUMDes ini, ”ungkapnya.

Pria yang akrab disapa Bang Kamta tersebut meminta para pemerintah desa melaporkan apa saja potensi yang ada di desanya ke pemerintah daerah, “Sampaikan ke pemerintah ada potensi apa di desa masing-masing nanti akan dibantu untuk pengembangannya dengan dikoordinasikan ke Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD),” ujar Kamta. (rzk/K-6)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya