Sidang Mantan Dirut PD Baramarta
Aliran Dana “Nyangkut” ke Sejumlah Pihak

Akibat aliran dana yang dibagikan kas perusahaan terkuras Rp9,2 miliar

BANJARMASIN, KP – Dugaan korupsi mantan Direktur Utama PD Baramarta Teguh Imanullah, terungkap kalau aliran dana yang diberikan terdakwa ada yang nyangkut di aparat penegak hukum, baik di Kabupeten Banjar maupun di Provinsi Kalsel.

Selain itu dalam dakwaan yang disampaikan JPU yang dikomandoi M Irwan tersebut, juga disebutkan ada beberapa lembaga swadaya masyarakat (LSM) maupun untuk wartawan yang menerima aliran dana tersebut.

Sidang perdana terdakwa tersebut berlangsung di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Banjarmasin, Senin (3/5), di hadapan majelis hakim yang dipimpin hakim Sutisna Sarasti didamping hakim adhock M Fauzi dan A Gawi.

Berita Lainnya

Ketua KONI Tabalong Dituntut Lima Tahun

Jumat Berkah, Polsek Banteng Berbagi

1 dari 1.400

Akibat aliran dana yang dibagikan terdakwa di masa jabatannya antara tahun 2017-2020, kas perusahaan terkuras dengan nilai Rp9,2 miliar, yang merupkan kerugian negara.

Aliran dana tersebut bukan saja digunaan secara pribadi oleh terdakwa, juga akan yang dialirkan di pejabat di lingkungan Kab. Banjar.

Dalam dakwaan, terdakwa diduga menyalahgunakan dana kas keuangan selama menjabat sebagai Dirut PD Baramarta sejak tahun 2017 hingga 2020. Sehingga daerah mengalami kerugian senilai Rp 9,2 miliar.

JPU mematok tiga pasal dalam dakwaannya, yakni dakwaan primair diduga melanggar pasal 2 jo pasal 18 UU RI No 31 tahun 1999 sebagaimana diubah dengan UU RI No 20 tahun 2001 tentang tentang pemberantasan tindak pidana korupsi jo pasal 64 ayat 1 KUHP.

Sedangkan dakwaan subsidair melanggar pasal 3 jo pasal 18 UU RI No 31 tahun 1999 sebagaimana diubah dengan UU RI No 20 tahun 2001 tentang tentang pemberantasan tindak pidana korupsi jo pasal 64 ayat 1 KUHP, dan lebih sibsidair melanggar pasal 8 jo pasal 18 UU RI No 31 tahun 1999 sebagaimana diubah dengan UU RI No 20 tahun 2001 tentang tentang pemberantasan tindak pidana korupsi jo pasal 64 ayat 1 KHUP. (hid/K-4)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya