UMKM Terdampak Pandemi, Pemkab HSS Terus Mendampingi

Kandangan, KP – Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) Achmad Fikry, melakukan kunjungan ke lokasi produksi usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) milik masyarakat, Senin (2/8/2021) pagi.

Bupati mengunjungi empat lokasi UMKM yang memproduksi makanan di Desa Telaga Bidadari Kecamatan Sungai Raya, dan Desa Kapuh Kecamatan Simpur. Yakni Dodol Raisa, makanan ringan Delima, Camilan Raihanah dan Kerupuk Bawang Akbar.

Bupati HSS Achmad Fikry mengatakan, para pemilik UMKM cukup merasakan dampak dari pandemi Covid-19, terutama mengakibatkan terjadinya pengurangan produksi.

“Kita melihat langsung kondisi UMKM kita, dan ternyata dampak akibat pandemi Covid-19 ini sangat berpengaruh bagi mereka,” ungkapnya.

Salah satunya UMKM Raisa yang semula berproduksi di tiga tempat, kini terpaksa mengurangi produksinya menjadi satu tempat saja.

Berita Lainnya
1 dari 568

“Seperti (usaha) dodol ini, karena sifatnya untuk oleh-oleh, sedangkan orang tidak ke mana-mana, maka oleh-oleh juga sangat terbatas,” jelas Achmad Fikry.

Kendati demikian, Bupati Fikry mengaku bersyukur UMKM masyarakat masih bisa tetap berjalan. Meskipun pengurangan produksi, namun menurutnya yang penting eksistensinya tetap ada.

Achmad Fikry menuturkan, posisi Pemkab HSS sejak sebelum adanya pandemi Covid-19 sampai sekarang, tetap terus mendampingi para UMKM.

“Alhamdulillah, melalui program pusat mereka mendapatkan dana BPUM, dan mudah-mudahan para karyawan bisa mendapatkan kartu prakerja,” harapnya.

Ia mendoakan, pandemi Covid-19 cepat berlalu sehingga para UMKM kita bisa terus maju dan berkembang.

Kunjungan Bupati itu, turut didampingi Kepala Dinas Tenaga Kerja Koperasi Usaha Kecil dan Perindustrian (Disnakerkop UKP) Hendro Martono, dan Kepala Bagian Prokopim Setda Ika Aguspiannor. (tor/K-6) 

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. TerimaSelengkapnya