Iklan
Iklan
Iklan
Balangan

Perbaikan Jalan Longsor di Tarangan Diusulkan Pengajuan Bantuan ke BNPB

×

Perbaikan Jalan Longsor di Tarangan Diusulkan Pengajuan Bantuan ke BNPB

Sebarkan artikel ini

Paringin, KP – Dinas PUPR Kabupaten Balangan sempat menganggarkan perbaikan jalan longsor di Desa Tarangan, Kecamatan Paringin Selatan. Rencana perbaikan itu disampaikan oleh Kepala Bidang Bima Marga Dinas PUPR Balangan, Rina Ariyani.

Sebutnya, bidang Bina Marga sempat mengusulkan anggaran penanganan jalan longsor di Tarangan yang terjadi pada 2017 lalu. Pasalnya, jalan tersebut merupakan satu akses bagi warga bahkan jalan penghubung antar kabupaten.

Android

Adapun anggaran yang diusulkan mencapai Rp11,2 miliar yang akan digunakan untuk penanganan jalan sepanjang kurang lebih 70 meter.

“Sebelumnya sempat kami anggarkan pada bidang Bima Marga. Kemudian oleh kepala daerah, diarahkan ke BNPB melalui proposal dana dari pemerintah pusat,” jelas Rina, baru baru tadi.

Lebih lanjut sebutnya, karena pemindahan anggaran itu, secara tidak langsung perbaikan jalan di Desa Tarangan pun kembali tertunda. Ia pun belum mengetahui lebih lanjut bagaimana proses terbaru dari rencana penanganan jalan longsor itu.

Sebagaimana diketahui, sejak 2017 lalu, tanah longsor yang terjadi di jalan yang ada di bantaran sungai Desa Tarangan menyebabkan kerusakan parah pada jalan di desa tersebut. Akibatnya, kini mobil pun melintas menggunakan bahu jalan yang dipasangi batang nyiur oleh warga.

Disampaikan Kepala Desa Tarangan, Suriani, penanganan pernah dilakukan, yakni pemasangan siring. Namun rupanya siring semi permanen yang dibuat dari material seng dan diuruk tanah tak mampu juga menahan beban apabila musim penghujan.

Setiap tahun pula, jalan di Desa Tarangan ucap Suriani selalu tergerus secara perlahan. Sehingga menyebabkan kerusakan ruas jalan melebar dan kini tersisa kurang lebih satu meter yang bisa dilintasi.

Terpisah, Bupati Balangan, Abdul Hadi menerangkan, telah ada rencana perbaikan jalan longsor di Tarangan. Anggaran perbaikan diarahkan ke BPBD Kabupaten Balangan yang akan mengajukan proposal kepada pemerintah pusat melalui BNPB. Namun jelasnya, apabila tidak tembus, maka akan dianggarkan pada ABPD Kabupaten Balangan.

“Memang untuk penanganan perbaikan jalan di Tarangan, kami arahkan ke BPBD untuk meminta dana pusat. Apabila tidak tembus, maka akan dibiayai dari APBD,” pungkasnya. (rel/K-6)

Iklan
Iklan