Ratusan Rumah Warga Terendam serta Jebolnya Waduk Di Desa Banua Tengah

Pelaihari, KP – Intensitas hujan yang turun cukup tinggi di wilayah Kabupaten Tanah Laut mengakibatkan ratusan rumah warga terendam, terlebih di desa Sungai Cuka, Kintap Kecil Kecamatan Kintap. Selain itu luapan air juga terjadi di desa Asam-asam dan desa Jilatan Alur Kecamatan Jorong terendam.

Hingga siang ini Sabtu (11/9/2021) luapan air masih belum surut.
Luapan air juga menggenangi ruas jalan Provinsi di desa Sungai Cuka, hingga saat ini ratusan warga mengungsi ke rumah sanak saudara sembaring menunggu posko darurat.

Tingginya curah hujan juga menyebabkan waduk jebol yang diperkirakan selebar 5 meter. Derasnya air langsung mengarah ke kebun dan persawahan warga.

Berita Lainnya
1 dari 1.293


Kepala Desa Banua Tengah Ismanu mengatakan, kejadian jebolnya bendungan Waduk tersebut sekitar pukul 04.00 Wita.

Derasnya hujan di wilayahnya mengakibatkan intensitas debit air di waduk tinggi hingga menyebabkan jebolnya bendungan di waduk.

Ismanu bilang pihaknya masih mendata hektaran sawah, kebun dan rumah warga yang terdampak. Belum bisa memastikan berapa jumlah secara pastinya.

“Kejadian jebolnya bendungan waduk ini sudah dua kali dalam tahun ini, yakni pada Bulan Januari dan Bulan September 2021 ini,” katanya. (Rzk/KPO-1)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. TerimaSelengkapnya