Sambut Harjad 495 Banjarmasin Diawali Ziarah Hingga Paripurna

Banjarmasin, KP – Puncak perayaan Hari Jadi Kota Banjarmasin ke-495 bakal dihelat oleh Pemerintah Kota (Pemko) Banjarmasin dalam waktu dekat. Tepatnya pada hari Jum’at, tanggal 24 September 2021 ini.

Dengan mengusung tema Kayuh Baimbai Untuk Mewujudkan Kota Banjarmasin Baiman, Barasih wan Nyaman dan Lebih Bermartabat.

Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina memaparkan bahwa rangkaian utama kegiatan hari jadi (harjad) yakni dimulai dari Ziarah ke makam Sultan Suriansyah, Jl. Kuin Utara No.220, Kuin Utara, Kec. Banjarmasin Utara.

Kegiatan tahunan tersebut dilakukan oleh seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Banjarmasin.

“Puncaknya diawali dengan pelaksanaan ziarah makam Sultan Suriansyah, Kuin,” ungkap Ibnu saat konferensi pers, Selasa, (21/09) sore.

Setelah ziarah, rangkaian acara, ujar Ibnu, dilanjutkan dengan melaksanakan rapat paripurna istimewa bersama jajaran SKPD, di gedung DPRD Kota Banjarmasin.

“Jadi acara intinya dari perayaan Hari Jadi Kota Banjarmasin itu saja,” jelasnya.

Berita Lainnya

Sampai Oktober Ada 73 Kasus Kekerasan Anak

1 dari 3.675

Meskipun dilaksanakan secara sederhana, hal itu menurutnya tidak akan mengurangi makna perayaan hari jadi bagi Ibukota Provinsi Kalimantan Selatan ini.

“Saya rasa tidak mengurangi semangat kesyukuran kita akan hari jadi Kota Banjarmasin,” tuturnya.

Bukan tanpa alasan, menurut orang nomor satu di Bumi Kayuh Baimbai itu, rangkaian puncak harjad itu dikarenakan saat ini pandemi Covid-19 masih melanda Banjarmasin.

Tidak hanya itu, status PPKM level IV juga menjadi alasan utama mengapa perayaan harjid kali ini dilakukan begitu sangat sederhana.

“Kemudian ini juga suatu tantangan untuk kita untuk menyelesaikan masalah Covid-19, tuntaskan normalisasi sungai pasca banjir dan agenda lainya,” sambungnya.

Adapun target kedepan kepemimpinan Ibnu-Arifin ini ujarnya yakni menyelesaikan 3 agenda utama yang termasuk dalam visi-misi Baiman 2021-2026

“Yakni kita prioritaskan 3. Pertama membenahi atau revitalisasi sungai untuk menunjang sarana. Kedua pemulihan ekonomi yakni melahirkan wirausaha baru berbasih UMKM dan terakhir yakni Pelayanan Publik yang cepat dan murah serta tidak bertele-tele,” pungkasnya.

Sebelum melaksanakan seluruh rangkaian tersebut, diketahui pihaknya akan melaksanakan sholat hajat bersama seluruh pimpinan SKPD bersama Forkopimda Banjarmasin, di Balai Kota Banjarmasin, pada Kamis, (23/09/21) mendatang. (Zak/K-3)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. TerimaSelengkapnya