Pengkajian Koleksi Guci, Upaya Tarik Wisatawan ke Kalteng

Palangka Raya, KP – Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kalteng Guntur Talajan menyatakan perlunya pengkajian keleksi guci atau martawa, guna meningkatkan.daya tarik wisata ke Kalteng.

Hal itu ia sampaikan saat membuka secara resmi Kegiatan Diskusi Terpumpun Pengkajian Koleksi (Guci/Martavan), yang digelar di Auditorium UPT. Museum Balanga Kalteng, yang dihadiri pejabat terkait, Kamis (11/11).

Guntur Talajan mengungkapkan diskusi terpumpun tentang kearifan lokal dan karya Budaya dalam Optik Permuseuman dilaksanakan sesuai dengan program Pemerintah baik Pusat maupun Daerah agar masyarakat maupun pelajar/mahasiswa/komunitas lebih mencintai Budaya dan Sejarah Kalteng.

Museum menjadi tempat menumbuh kembangkan rasa kecintaan terhadap nilai-nilai Sejarah dan Budaya Bangsa yang tergambar dalam benda-benda Sejarah yang terpampang pada Museum sekaligus tergambar kebijakan Museum yang mencerminkan kepribadian Bangsa sebagai bentuk ketahanan Nasional.

Berita Lainnya
1 dari 619

Bahkan menurut dia ini menunjukan akan wawasan nusantara yang dimiliki sebagai masyarakat yang cinta akan sejarah, budaya serta menjunjung tinggi Harkat Martabat sebagai warga Negara Indonesia yang memiliki identitas diri Bangsa yang bercorakkan Bhinneka Tunggal Ika.

Diharapkan melalui acara tersebut para Pencinta Sejarah Budaya Kalteng mampu meningkatkan kecintaan terhadap Sejarah Peninggalan Suku Dayak yang ada di Museum Balanga Kalteng khususnya Guci/Martavan.

Sementara itu, Kepala UPT. Museum Balanga Kalteng Hasanudin selaku Ketua Panitia kegiatan maksud dan tujuan dilaksanakannya Diskusi Terpumpun Pengkajian Koleksi Guci/Martavan di guna meningkatkan kunjungan wisatawan Mancanegara dan Wisata Nusantara, pelajar, mahasiswa untuk berkunjung ke museum Balanga Kalteng.

Disisi lainnya sebagai sarana pembelajaran dan Bimtek kebudayaan adat Dayak serta pelestarian Budaya sehingga tetap eksis/tidak tergerus oleh arus modemisasi serta memberikan wadah bagi generasi muda untuk dapat belajar dan kreatifitas sehingga dapat memotivasi untuk terus menjaga dan melestarikan peninggalan Sejarah. Adapun tujuannya yaitu untuk menumbuhkan rasa cinta kepada Pelajar/Mahasiswa serta masyarakat luas tentang sejarah Kalteng serta menjaga adat dan Budaya terhadap Barang-Barang peninggalan leluhur sebagai koleksi yang ada di Museum.

Diskusi juga dihadiri Kepala Seksi Kehumasan Diskominfosantik Kalteng Arbandigana serta Pejabat Eselon III dan IV dilingkungan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kalteng. (drt/k-10)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
Berita Menarik Lainnya

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. TerimaSelengkapnya