Peran Pengetahuan dan Teknologi Untuk Kemajuan Suatu Negara

Oleh : Mambang,M.Kom
Ketua Indonesian Computer Electronics And Instrumentation Support Society (IndoCEISS) Kalsel

Hari-hari ini telah menyaksikan ada begitu banyak perkembangan di dunia ilmu pengetahuan dan teknologi. Hal ini dapat disaksikan baik di layar televisi, di lembaran-lembaran media cetak dan online maupun di berbagai bentuk ekpresi manusia di dalam perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Jika ditinjau kembali ke belakang, dapat menyaksikan sejarah perkembangan pengetahuan dan teknologi yang sangat luar biasa, dimana manusia didalam pengenalannya akan alam mulai melakukan domestifikasi terhadap hewan-hewan atau binatang-binatang liar yang diternakkan kemudian memanfaatkan tumbuh-tumbuhan untuk berbagai kepentingan hidupnya.

Pengetahuan juga bermakna gejala yang ditemui dan diperoleh manusia melalui pengamatan akal yang dimana manusia memiliki akal budinya untuk mengenali suatu benda atau suatu kejadian yang belum pernah dilihat dan dirasakannya.

Selain itu pengetahuan juga berasal dari rasa ingin tahu manusia itu sendiri untuk mendapatkan pembelajaran dan juga pemahaman terhadap apa yang dilihat dan dirasakan. Henry Bergson, tokoh berpengaruh Prancis terutama pada awal abad ke-20 menempatkan manusia dan kemanusiaan sebagai dasar dan sumber yang permanen dalam struktur pengetahuan manusia.

Mengutip dari Wikipedia, pengetahuan adalah informasi atau maklumat yang diketahui atau disadari oleh manusia dan tidak dibatasi pada deskripsi hipotesis konsep teori prinsip dan prosedur yang secara probabilitas benar atau berguna dalam pengertian lainnya pengetahuan adalah berbagai gejala yang ditemui dan diperoleh manusia melalui pengamatan akal yang dimana manusia memiliki akal budinya untuk mengenali suatu benda atau suatu kejadian yang belum pernah dilihat dan dirasakannya.

Misalnya ketika seseorang mulai belajar membaca dan menulis maka ia akan memulai mengenali dan juga mengetahui bentuk huruf yang dilihatnya pengetahuan juga bagian hal terpenting dalam kehidupan manusia karena tanpa adanya pengetahuan mungkin kemajuan teknologi dan komunikasi serta transportasi tidak akan pernah ada.

Ini membuktikan bahwa betapa pentingnya pengetahuan terhadap peradaban manusia dalam memperoleh pengetahuan tentunya memiliki berbagai cara yang pertama bisa membaca buku melakukan penelitian observasi bertanya kepada yang ahli dalam bidangnya dan dengan itu kita sudah mendapatkan pengetahuan yang diinginkan.

Pengetahuan manusia juga dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya yaitu pendidikan, media dan informasi yang di dapat.

Landasan ontologis, epistemologis dan aksiologis pengetahuan manusia adalah manusia dan kemanusiaan. Sarana dan sumber untuk mendapatkan pengetahuan adalah indra, akal, hati nurani atau intuisi.

Hadirnya pengetahuan dan teknologi yang baru kemudian mengarahkan manusia memasuki perkembangan revolusi di berbagai bidang dan selanjutnya bisa melihat temuan-temuan yang memungkinkan manusia mengembangkan mesin-mesin yang membuat kemajukan sektor industri.

Hingga hari ini bisa melihat dan mengarungi perkembangan di sektor teknologi informasi, segala bentuk kehidupan kita dalam berbagai aktivitas berkembang di atas platform teknologi yang begitu berkembang sangat cepat.

Berita Lainnya
1 dari 544
loading...

Era digitalisasi dan keterbukaan informasi, membuat pengetahuan mudah sekali didapatkan hanya dengan membuka internet lalu browsing masuk ke website dengan konten edukasi sudah mendapatkan pengetahuan yang diinginkan.

Kecepatan aliran informasi saat ini disertai dengan dukungan internet menjadi peluang besar dalam menggali sebuah pengetahuan. Informasi sendiri dapat mencakup data, teks, gambar, suara, kode, program komputer, basis data. Informasi menjadi dasar dalam melakukan sesuatu hal karena pengetahuan akan memampukan seseorang atau organisasi dalam pengambilan tindakan yang berbeda atau lebih efektif dibandingkan dengan tidak memiliki pengetahuan (Davenport, 1988).

Kehidupan manusia yang bermula dari cara-cara sederhana kini menjadi kehidupan yang bisa dikategorikan sangat modern. Kehadiran teknologi informasi yang berkembang pesat saat sekarang, membuat segala sesuatu dapat diselesaikan dengan cara-cara yang praktis dan mudah.

Teknologi informasi dan komunikasi adalah sesuatu yang bermanfaat untuk mempermudah semua aspek kehidupan manusia. Dunia informasi saat ini seakan tidak bisa terlepas dari teknologi. Penggunaan teknologi informasi dan komunikasi oleh masyarakat menjadikan dunia teknologi semakin lama semakin canggih.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kata teknologi mengandung arti metode ilmiah untuk mencapai tujuan praktis, ilmu pengetahuan terapan atau keseluruhan sarana untuk menyediakan barang-barang yang diperlukan bagi kelangsungan dan kenyamanan hidup manusia.

Dengan kemajuan teknologi yang begitu pesat ini, ada pepatah yang menyatakan bahwa“Dunia tak selebar daun kelor” sepantasnya berubah menjadi “Dunia seakan selebar daun kelor”. Hal ini disebabkan karena semakin cepatnya akses informasi dalam kehidupan sehari-hari.

Kini bisa mengetahui peristiwa yang sedang terjadi di daerah lain atau bagian negara yang lain dengan sangat cepat dibandingkan pada saat belum adanya teknologi informasi dan komunikasi. Namun, kita juga tidak menutup mata terkait dengan dampak negatif dari masifnya penggunaan teknologi informasi dan komunikasi. Maka dari itu manusia harus bersikap bijaksana dalam adanya perkembangan teknologi tersebut.

Perkembangan teknologi tentunya juga banyak memberikan manfaat di sektor kesehatan, dimana teknologi yang mendukung bidang kesehatan sudah sangat canggih, penyakit-penyakit dapat juga diatasi dengan berbagai teknologi kesehatan tersebut.

Pandemi yang dapat terjadi kapan saja telah menimbulkan dampak yang luar biasa bagi perguruan tinggi, baik dari segi akademik maupun perkembangan ilmu pengetahuan. Hal ini juga dipandang sebagai realitas yang harus dihadapi dalam melakukan transisi masa-masa sulit untuk kembali membangun kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi menjadi tantangan kita semua saat ini, dimana kita sedang berada dan menuju revolusi industri 4.0 dan era society 5.0

Dengan kondisi dan keadaan pada saat ini maka tuntutan untuk terus belajar dan menggali pengetahuan baru sudah menjadi kewajiban dalam kehidupan agar kita tidak tertinggal dengan perkembangan pengetahuan dan teknologi tersebut. Diriwayatkan oleh Imam Al Baihaqi dalam Syu’abul Iman, “Tuntutlah ilmu walau ke negeri China, sesungguhnya menuntut ilmu adalah kewajiban atas setiap muslim.”

Perkembangan pengetahuan dan teknologi juga sebagai dasar untuk mengembangkan suatu negara. Di mana kemajuan suatu negara salah satunya didasarkan dengan seberapa jauh ilmu pengetahuan dan teknologi yang dikuasai.

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
Berita Menarik Lainnya

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. TerimaSelengkapnya