Iklan
Iklan
Iklan
Kotabaru

Wabup Hadiri Hari Kepercayaan Kaharingan ke 4 Hampang

×

Wabup Hadiri Hari Kepercayaan Kaharingan ke 4 Hampang

Sebarkan artikel ini
WABUB KOTABARU - Andi Rudi Latif menghadiri hari kepercayaan kaharingan ke 4, sekaligus meresmikan kantor Dewan Musyawarah Pusat (DMP) di Kecamatan Hampang. (KP/Ist)

Kotabaru, KP – Wakil Bupati Kotabaru Andi Rudi Latif menghadiri hari kepercayaan kaharingan ke 4, sekaligus meresmikan kantor Dewan Musyawarah Pusat (DMP) di Kecamatan Hampang, pekan kemarin, yang dihadiri juga Ketua DPRD Kotabaru Syairi Mukhlis, perwakilan segenap Forkopimda Kabupaten Kotabaru, Ketua Presedium majelis luhur kepercayaan Indonesia, Ketua Dewan Adat Dayak Kotabaru.

Wabup Andi Rudi Latif berpesan agar Majelis Umat Kepercayaan Kaharingan Indonesia (MUKK-I) dapat senantiasa mengayomi seluruh umat kaharingan serta selalu menjaga kekompakan dan kebersamaan umat.

Menurutnya, Indonesia memiliki kekayaan yang patut disyukuri, keanekaragaman yang terdiri dari suku Bangsa memiliki perbedaan satu dengan lainnya dalam bingkai NKRI dan Bhineka Tunggal Ika. Salah satunya, yaitu kepercayaan kaharingan yang ada di Negara termasuk Kotabaru yang menambah kemajemukan di masyarakat.

Kami dari pemerintah Daerah sangat mengapresiasi dan menyambut baik peringatan kesyukuran ini, yang merupakan bentuk syukur bagi umat kaharingan yang telah diakui keberadaannya dan mendapat pengakuan oleh pemerintah, ujarnya.

Ketua DPRD Kabupaten Kotabaru, Syairi Mukhlis, menyampaikan” Sangat mengapresiasi kegiatan hari ini. DPRD saat ini sudah membuat terobosan, salah satu perda yang sudah ditetapkan yaitu pembinaan terhadap adat dayak.

Perda ini dapat dibedah dan dari situlah anggaran dapat mengalir. DPRD akan terus mendukung apa yang diinginkan selama masih dalam koridor yang diatur. “Insha Allah kita akan selalu support”, Ujar Syairi Mukhlis.

Sementara Ketua Umum Dewan Musyawarah Pusat Majelis Umat Kepercayaan Kaharingan Indonesia, Sukirman, mengucapkan ” Terimakasih kepada pemerintah daerah dan pihak perusahaan, khususnya PT Jhonlin yang sudah membantu menyediakan tempat untuk umat Kaharingan di Kalimantan.

Kami mengucapkan terimakasih sedalam-dalamnya, karena pada usiannya ke 4 tahun ini ada pihak ketiga dengan ikhlas memberikan tempat bagi umat kaharingan di wilayah Kalimantan,” tuturnya.

Baca Juga:  Pasien Sembuh Dari Covid-19 di Kotabaru Terus Bertambah

Sebagai rangkaian, Acara dilanjutkan dengan pemotongan pita dan juga tumpeng oleh wakil Bupati, tanda diresmikannya Kantor Dewan Musyawarah Pusat (DMP).

Wakil Bupati Andi Rudi Latif berpesan, agar Kantor DMP MUKK-I yang baru diresmikan dapat dipergunakan serta dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk kepentingan umat. (and/K-6)

Iklan
Iklan