Apel Gabungan Peringatan Hari Kebangkitan Nasional

Batulicin, KP – Memperingatan Hari Kebangkitan Nasional ke 114 Tahun 2022, Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu menggelar apel gabungan di halaman Kantor Bupati, Jum’at 20/5.2022 pagi.

Bupati Tanah Bumbu HM,Zairullah Azhar Melaui Sekretaris Daerah H.Ambosakka saat memimpin apel gabungan mengatakan, awal nama event budaya maritim tahunan Kabupaten Tanah Bumbu yaitu Mappanretasi (memberi makan laut).

Namun nama tersebut nama dan penyebutan menjadi Mappanre Ri Tasi’e (syukuran makan bersama di laut) dengan tujuan menghilangkan unsur-unsur syirik pada budaya masyarakat.

“Tanpa mengurangi rasa hormat kepada adat istiadat yang melekat di masyarakat mulai zaman dahulu hingga turun temurun tersebut, sekarang nama event budaya telah disepakati bersama untuk diubah menjadi Mappanre Ri Tasi E,” kata Ambo Sakka di arahan apel itu.

Berita Lainnya
1 dari 742
loading...

Lebih lanjut dijelas Sekda, Kab Tanbu lebih menonjolkan karakteristik agamis sebagai Kabupaten yang menuju Serambi Madinah, dan sekda menegaskan, kepada seluruh pegawai tetap menjalankan tugas dan tanggung jawab sebaik mungkin.

“Puncak event budaya Mappanre Ri Tasi’e hari Minggu tanggal 22 Mei 2022,” tambah Sekda, seraya menambahkan, kita semua ikut serta merayakan hari pesta maritim yang sudah diganti namanya menjadi Mappanre Ri Tasi’e. Selain itu, juga disediakan kurang lebih 3.000 makanan yang disiapkan oleh 20 SKPD. Acara dimulai dimulai pukul 07.30 hingga 12.00.

“Pak Bupati selalu mengingatkan dan berpesan, pelaksanaan kegiatan pesta maritim Mappanre Ri Tasi’e itu, harus dikemas betul sebagai budaya pariwisata maritim di Tanah Bumbu dengan menghilangkan seluruh unsur-unsur yang mengarah pada syirik,” ungkapnya.

Di apel ini, Sekda juga menyampaikan isi sambutan dari Menteri Komunkasi Dan Informatika RI Johnny G. Plate terkait Peringatan Hari Kebangkitan Nasional ke 114 Tahun 2022 dengan tema ajakan serentak “Ayo Bangkit Bersama” seruan ini sebagai bentuk kebangkitan bersama dari pandemi Covid-19 yang sudah melanda seluruh Indonesia selama dua tahun terakhir. Sperti diketahui, tanggal 20 Mei 1948, Presiden Soekarno menetapkan hari lahirnya perkumpulan Boedi Oetomo sebagai Hari Bangkitnya Naionalisme Indonesia.

Apel gabungan ini dihadiri staff ahli Bupati, para asisten, kepala SKPD serta seluruh pejabat dan staf lingkup Pemkab Tanbu. (han)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
Berita Menarik Lainnya

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. TerimaSelengkapnya