Capaian Kinerja “On The Track” Jadi Fokus Utama Pada Rakor Pengendalian Program Dukungan Manajemen

Jakarta, KP – Kementerian Hukum dan HAM RI menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Program Dukungan Manajemen Kementerian Hukum dan HAM bertempat di Hotel Pullman Central Park, Senin (11/07), dalam rangka evaluasi implementasi program dukungan manajemen terhadap pelaksanaan tugas dan fungsi Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia baik di tingkat Pusat maupun Kantor Wilayah.

Kegiatan Rakor yang dilaksanakan secara hybrid selama 4 (empat) hari ini resmi dibuka oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Hukum dan HAM, Komjen. Pol. Andap Budhi Revianto, S.I.K secara virtual langsung dari Jenewa, Swiss.

Kegiatan Rakor tersebut juga bersamaan dengan pembukaan kegiatan Rekonsiliasi dan Pemutakhiran Data Laporan Keuangan dan BMN Semester I Tahun 2022 tingkat Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM.

Kegiatan ini turut diikuti oleh Kepala Kantor Wilayah dan Kepala Divisi Administrasi Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM seluruh Indonesia. Berhadir secara langsung Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Selatan, Lilik Sujandi didampingi Kepala Divisi Administrasi Rifqi Adrian Kriswanto dan mengikuti secara virtual pada acara pembukaan Kepala Divisi Pemasyarakatan, Sri Yuwono, Kepala Divisi Keimigrasian, Junita Sitorus, Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM, Ngatirah, Kepala Bagian Umum, Akhmad Herriansyah, Kepala Bagian Program dan Hubungan Masyarakat, Hendy Emil dan jajaran Subbag Pengelolaan Keuangan dan BMN Kanwil Kemenkumham Kalsel.

Kegiatan diawali dengan laporan dari Kepala Biro Perencanaan, Ida Asep Somara dan dilanjutkan dengan Pembukaan sekaligus Pengarahan Sekretaris Jenderal Kemenkumham RI.

Dalam arahannya, Sekretaris Jenderal menyampaikan bahwa pelaksanaan kegiatan Rakor tersebut difokuskan pada 2 (dua) hal yaitu Kegiatan Rakor Pengendalian Program Dukungan Manajemen, Aspek Perencanaan dan Capaian Kinerja. Yang kedua adalah Kegiatan Rekonsiliasi dan Pemutakhiran Data Laporan Keuangan dan BMN Semester I Tahun 2022.

“Fokus pertemuan ini harus sesuai dengan goals atau tujuan yang telah ditetapkan. Akselerasi langkah-langkah penyelesaian target kinerja 2022 semester I yang akan tertuang pada SE Menteri serta kita mengkaji pembahasan target kinerja 2023 yang akan dituangkan dalam draft Dukman 2023,” pungkasnya.

Berita Lainnya
1 dari 7
loading...

Pada kegiatan Rekonsiliasi dan Pemutakhiran Data Laporan Keuangan dan BMN Semester I Tahun 2022, Sekjen juga menyampaikan bahwa tujuan diselenggarakan kegiatan tersebut untuk menyelaraskan data transaksi keuangan dan BMN.

“Mengetahui perbedaan pencatatan yang akan berdampak pada sajian laporan keuangan dalam hal validitas dan akurasi data, dengan ini harapannya akan menghasilkan laporan keuangan yang akurat, transparan, akuntabel, dan sesuai standar akuntansi pemerintahan,” tegas Andap.

Sekjen juga menegaskan agar seluruh peserta dapat fokus mengikuti kegiatan ini dan menyusun target kinerja 2023 yang baik dan tidak asal-asalan guna mewujudkan sinergitas yang sejalan dengan pengawasan.

Dikonfirmasi secara terpisah, Lilik Sujandi selaku Kakanwil Kemenkumham Kalsel menyampaikan bahwa jajaran Kalsel siap melaksanakan dan mendukung agenda yang ditetapkan.

“Kanwil Kalsel dan jajaran tentunya siap melaksanakan arahan dan kebijakan yang ditetapkan dan melaksanakan kinerja secara optimal,” pungkasnya.

Pada rangkaian kegiatan rakor ini juga dilaksanakan Diskusi Kelompok Kerja yang dibagi menjadi beberapa bidang dan menghasilkan Draft Jukrah Pelaksanaan Kegiatan Tahun 2022 dan Target Kinerja Tahun 2023 yang kemudian diserahkan oleh Kepala Biro Perencanaan kepada Pelaksana Harian Sekretaris Jenderal, Wisnu Nugroho Dewanto (Kepala Biro Keuangan).

Pelaksana Harian Sekretaris Jenderal, Wisnu Nugroho Dewanto (Kepala Biro Keuangan) yang menutup kegiatan Rakor Pengendalian Program Dukungan Manajemen pada hari terakhir ini menyampaikan bahwa kegiatan ini menjadi strategi Kemenkumham untuk mengendalikan target-target capaian kinerja agar tetap on the track dan memberikan kontribusi positif bagi kemajuan Kementerian Hukum dan HAM.

“Para Pimpinan Tinggi Pratama mampu menyelesaikan rancangan jukrah Menkumham untuk percepatan pencapaian kinerja Tahun 2022 dan telah berhasil merumuskan target kinerja program dukungan manajemen untuk kantor wilayah dengan tahapan pencapaian yang jelas dan terukur. Dokumen ini akan menjadi pedoman dalam melakukan kinerja berbasis anggaran sehingga akuntabel,” ucapnya.

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
Berita Menarik Lainnya

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. TerimaSelengkapnya