Komisi III Usulkan Penambahan PJU

Banjarmasin, KP – Komisi III DPRD Kalsel mengusulkan penambahan penerangan jalan umum (PJU) di wilayah Kalsel, terutama di sekitar kawasan pelaksanakan MTQ tingkat nasional di Kabupaten Banjar pada Oktober 2022 mendatang.


Usulan penambahan PJU disampaikan Komisi III saat rapat kerja dengan Dinas Perhubungan Kalsel pada Kamis (4/8) siang.


“Karena banyaknya laporan dan keluhan soal minimnya PJU, yang berpengaruh pada keselamatan pengguna jalan,” kata Ketua Komisi III DPRD Kalsel, H Hasanuddin Murad kepada wartawan, kemarin, di Banjarmasin.


Hasanuddin Murad mengakui, ternyata Dinas Perhubungan Kalsel juga mengalami kendala untuk memasang PJU tersebut, terutama keterbatasan pendanaan.


“Apalagi, ada standar dan persyaratan tertentu dalam pemasangan PJU, yang harganya relatif mahal,” tambah politisi Partai Golkar.


Untuk itu, Hasanuddin Murad minta dicarikan solusinya, bahwa selisih harga itu ada persoalan lain tapi persoalah standar.

Berita Lainnya
1 dari 26
loading...


“Alangkah baiknya, untuk efensiensi memperbanyak PJU cari saja harga yang murah, sepanjang memenuhi standarnya,” ujar Hasanuddin Murad.


Terkait penggunaan PJU bertenaga surya, memang harus ada di daerah yang tidak ada jaringan listriknya, seperti Kabupaten Barito Kuala dan jalan tembus ke Hulu Sungai.


“Kita berharap di daerah yang tak ada jaringan listrik dipasangkan PJU-nya. Penerangan itu dibutuhkan, karena pengguna lalu lintas semakin banyak,” jelas mantan Bupati Barito Kuala.


Sementara itu, Plt Kepala Dinas Perhubungan Kalsel Hermansyah sangat mendukung usulan wakil rakyat untuk memperbanyak PJU di provinsi ini, terutama di sekitar kawasan pelakaanaan MTQ tingkat nasional di Kabupaten Banjar.


“PJU bisa kita perbanyak dengan konsekuensi anggaran juga meningkat, khususnya untuk pemasangan di jalan provinsi yang krusial,” tambahnya.


Rencananya, Dinas Perhubungan kan menambah ratusan PJU untuk kawasan pelaksanaan sekitar MTQ di Kabupaten Banjar.


Untuk pendanaan, akan dianggarkan pada APBD Perubahan tahun 2022 ini. Sedangkan untuk di Jalan Trikora, penambahan PJU dilakukan pada tahun 2023. (lyn/KPO-1)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
Berita Menarik Lainnya

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. TerimaSelengkapnya