Kalimantan Post - Aspirasi Nusantara
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
KALTENG

Dua Anggota Damkar Kalteng Ikuti Diklat Tingkat I di Ciracas

×

Dua Anggota Damkar Kalteng Ikuti Diklat Tingkat I di Ciracas

Sebarkan artikel ini
IMG 20230724 WA0067
Praktek pemadam kebakaran. (kalimantanpost.com/Istimewa)

PALANGKA RAYA, Kalimantanpost.com – Meningkatkan mutu dan kemampuan Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam penanggulangan kebakaran, Badan Penanggulangan Bencana dan Pemadam Kebakaran (BPBPK) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) mengirimkan karyawannya mengikuti Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Pemadam Kebakaran di Pusdiklat Pemadam Kebakaran, Ciracas, Jakarta Timur 9-18 Juli 2023

“Kedua orang ASN dari BPBPK yang mengikuti Diklat Pemadam Kebakaran Tingkat I merupakan diklat dasar yang wajib diikuti seorang Aparatur Pemadam Kebakaran dan mengikuti diklat pemadam kebakaran jenjang selanjutnya yang ditempuh,” ujar Plt. Kalaksa BPBPK Provinsi Kalteng, Ahmad Toyib di Palangka Raya, Senin (24/7/2023).

Iklan

Menurut dia, seorang aparatur pemadam kebakaran harus memahami pentingnya upaya pencegahan kebakaran melebihi upaya penanggulangannya, mengerti bagaimana kebakaran terjadi, penjalarannya, dan bagaimana pencegahan dan penanggulangannya.

Kemudian, kesadaran tentang pentingnya meningkatkan perilaku keseharian dalam pencegahan kebakaran, mengenal beberapa sarana dan prasarana peralatan pencegahan dan penanggulangan kebakaran, mengantisipasi dan mengurangi kerugian akibat kebakaran.

Selain itu, kata dia, juga mampu memadamkan kebakaran tingkat awal dengan melakukan pemadaman api ringan dan berkoordinasi tingkat lanjut dengan manajemen tanggap darurat lainnya, serta mampu bekerja secara berkelompok untuk mengorganisir pada keadaan darurat khususnya kondisi kebakaran.

Disebutkan Toyib, bagi peserta diberikan materi, baik teori maupun praktek terkait dasar-dasar pemadam kebakaran dan penyelamatan. Praktek langsung mulai dari pengenalan peralatan lengkap, alat pemadam api ringan.

“Ada formasi regu dan pola pemadaman, prosedur penanganan penderita gawat darurat, fire stream, penyelamatan dari luar dan dari dalam gedung, pemadaman kebakaran cairan minyak dan gas serta berbagai kegiatan pembinaan fisik,“ ungkapnya.

“Tidak ada seorang pemadam kebakaran yang hebat, yang ada hanyalah seorang pemadam kebakaran yang terampil dan terlatih,“ tandas Toyib.(Drt/KPO-3)

Baca Juga :  Gubernur Lakukan Tanam Perdana Padi Gogo di Kecamatan Laung Tuhup

Iklan
Space Iklan
Iklan
Ucapan