Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
BANUA KITAHulu Sungai Tengah

Bupati HST Tanam dan Panen Padi Bersama Forkopimda di Musim Panas Berkepanjangan

×

Bupati HST Tanam dan Panen Padi Bersama Forkopimda di Musim Panas Berkepanjangan

Sebarkan artikel ini
Bupati Hulu Sungai Tengah (HST) H Aulia Oktafiandi, bersama Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura Provinsi Kalsel, Unsur Forkopimda HST, melaksanakan tanam dan Panen padi, di desa Pengambau Hulu Kecamatan Haruyan. Selasa (26/9/2023). (Kalimantanpost.com/Istimewa)

BARABAI, Kalimantanpost.com – Bupati Hulu Sungai Tengah (HST) H Aulia Oktafiandi, bersama Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura Provinsi Kalsel, Unsur Forkopimda HST, melaksanakan tanam dan Panen padi, di desa Pengambau Hulu Kecamatan Haruyan. Selasa (26/9/2023).

Lahan yang mereka tanami adalah milik Kelompok Tani Bumbuhak di Desa Pengambau Hulu, Kecamatan Haruyan, Kabupaten Hulu Sungai Tengah,

Langkah itu dilakukan sebagai mendukung Gerakan Nasional Penanganan Dampak El nino.
Selain tanam padi, acara yang diinisiasi Dinas Pertanian Kabupaten Huliu Sungai Tengah ini sekaligus panen bersama.

Dengan jenis yang ditanam padi cakrabuana dan yang di panen padi mikongga dengan luasan lahan 28 hektare.

Pada kesempatan tersebut Bupati Aulia, mengungkapkan, banyak sudah terdata oleh Dinas Pertanian banyak petani yang gagal panen dan ada yang gagal tanam dikarenakan kondisi cuaca saat ini.

“Langkah ini dilakukan sebagai mendukung Gerakan Nasional Penanganan Dampak El nino,” ujarnya.

Inilah salah satu mitigasinya, ditengah produksi menurun kita mencoba menanam lagi agar bertambah sehingga produksi pertanian bisa menutupi kekurangan.

“Ini adalah salah satu usaha pemerintah, salah satunya adalah kita memberikan bibit untuk luas lahan 28 Hektar yang Insya Allah kita fokuskan di Desa Pengambau Hulu ini,” kata Bupati

Aula berharap mudah-mudahan yang ditanam ini bisa menambah keberkahan, bisa membantu pertanian di Hulu Sungai Tengah dan tentunya bantuan bibit ini adalah suatu rezki yang bisa kita rasakan bersama.

“Mudah mudahan ikhtiar yang kita lakukan ini memdapatkan hasil yang bagus, mudah mudahan di ijabah oleh Allah SWT, kita bisa melalui musim kemarau yang cukup Panjang dan panas, sehingga hasil pertanian kita bisa bertahan, hasilnya bagus dan selamatan dunia akhirat,” tutupnya

Baca Juga:  Dinas Perikanan Terbaik 1 Geospasial 2023 Lingkup Tanbu

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Pertanian Kabupaten HST Budi Satrya Tanjung mengatakan dalam menyikapi dampak El Nino di Kab HST, Dinas Pertanian segera mengarahkan BPP Kecamatan untuk mengusulkan Calon Petani Calon Lokasi (CPCL) bantuan saprodi budidaya padi untuk percepatan tanam padi di Kecamatan masing-masing.

Desa Pengambau Hulu Kecamatan Haruyan merupakan salah satu wilayah yang berpotensi untuk tanam pada tiga kali dalam setahun. Karena wilayah tersebut sudah ada jaringan irigasi usaha tani untuk memudahkan pengairan bagi petani pada saat melaksanakan penanaman padi.

Itulah kenapa kelompok tani Bumbuhak Desa Pengambau Hulu terpilih menjadi lokasi untuk kegiatan tanam dan panen padi dalam rangka Gerakan Nasional Antisipasi Dampak El Nino di Kabupaten HST.

Tujuan kegiatan dalam rangka gerakan nasional antisipasi el nino untuk mengejar gerakan percepatan tanam agar ketersediaan pangan di Kabupaten HST tetap dalam kondisi aman.

Tujuan berikutnya memaksimalkan bantuan Alsintan untuk penangan kekeringan kondisi lahan pertanian di Kab HST

Selain Bupati HST, hadir unsur Forkopimda HST, Sekretaris Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura Provinsi Kalsel, Plt Kepala Dinas Pertanian HST, Plt Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan HST, Kepala Bulog Cabang Barabai, Forkopimcam Haruyan, Kelompok Tani Bumbuhak dan undangan lainnya.(Ary/KPO-3)

Iklan
Iklan