Pandawa Ganjar Beri Pelatihan Tanggulangi Kebakaran

Banjarmasin, KP – Agar tanggap terhadap bahaya kebakaran terlebih saat ini yang sering terjadi karena musim kemarau panjang.

Sebagai generasi muda seyogyanya harus memiliki kepekaan terhadap hal tersebut. Sukarelawan Pandawa Ganjar membuat program pelatihan penanganan dan pencegahan kebakaran di Aula KNPI Kalimantan Selatan, Jalan Lanbung Mangkurat Nomor 2, Kelurahan Kertak Baru Ulu, Kecamatan Banjarmasin Tengah, Kota Banjarmasin, Senin (18/9/2023).

Koordinator Wilayah (Korwil) Pandawa Ganjar Kalimantan, Nur Ghina Muslimah mengatakan pihaknya menyasar pemuda milenial dan generasi Z harus memiliki kepekaan dalam hal tersebut.


“Kami melaksanakan kegiatan ini, diharapkan teman-teman khususnya generasi milenal sepenuhnya merespons permasalahan itu di Kalsel,” katanya.

Pada pelatihan Pandawa Ganjar menghadirkan pemateri untuk memberikan edukasi kepada kaum milenial dan generasi Z akan pentingnya tanggap dan merespons cepat jika terjadi kebakaran di lingkungan mereka.

Rijali sebagai pemateri dan Satgas kebakaran hutan dan lahan (karhutla) Kalsel mengatakan pentingnya warga memiliki APAR untuk mencegah kebakaran di lingkungan sekitar.

“Sangat penting. Sebelum kita menghubungi pemadam kebakaran, kita harus paham cara menggunakan APAR. Itu yang akan menyelamatkan nyawa dan harta kita saat terjadi kebakaran,” ucapnya.

Sementara salah satu peserta Septiansyah menuturkan merasa senang mengetahui tindakan pertama ketika menghadapi kebakaran. Dia juga diajari cara menggunakan alat pemadam api ringan (APAR).

“ini merupakan pengalaman yang luar biasa, bagaimana cara bertindak dan penanganan ketika terjadi kebakaran. ternyata Ada teknik khusus, caranya biar kita selamat apinya padam,” pungkasnya. (fin/KPO-1)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya