Iklan
Iklan
Iklan
OLAHRAGA

Kejurnas Time Rally dan Fun Rally Kalsel 2023 Diikuti pembalap nasional

×

Kejurnas Time Rally dan Fun Rally Kalsel 2023 Diikuti pembalap nasional

Sebarkan artikel ini
PANITIA : Kejurnas Rally 2023, bersama pengurus IMI Kalsel HM Arief,MM. (Kp/ist)

Kejurnas Time Rally diikuti 53 pembalap nasional dan local, dan 16 peserta Fun Rally. Akan menempuh jarak sekitar 300 km.

BANJARMASIN, KP – Kalimantan Selatan (Kalsel) dipercaya menjadi tuan rumah Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Time Rally Putaran 4 Kalimantan Selatan dan Fun Rally, yang dilangsungkan 7-8 Oktober 2023 dengan mengambil start dan finish di Hotel Aston Banua, Kabupaten Banjar.

Even yang juga memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) TNI ke-78 ini, diikuti puluhan pembalap nasional dan lokal. “Saat ini, sudah ada 53 pembalap yang akan mengikuti Kejurnas. Kemudian 16 peserta Fun Rally. Jadi, total sementara sebanyak 69 pembalap. Pesertanya kemungkinan bertambah karena pendaftaran masih dibuka hingga menjelang pertandingan nanti,” ungkap panitia pertandingan Fransiskus Arifin yang didapingi Kabid mobility IMI Kalsel H Arief, Kamis (5/10/2023) di Banjarmasin.

Untuk acara pelepasan seremonial, lanjutnya, dilakukan Jumat (6/10/2023) pagi di Halaman Korem 101/Antasari. “Kami bekerjasama dengan Korem 101/Antasari dalam rangkaian memperingati HUT TNI ke-78,” sebutnya.

Kejurnas ini, sambunnya, mempertandingkan kelompok umum time rally, seeded B time rally, non seeded time rally, wanita, team club/IMI Prov Kalsel. Sedangkan kejuaraan Fun Rally, terdiri kelas umum, pemula, famly, klub komunitas, Dinas SKPD, ASN TNI, Polri, BNN.

“Pembalap yang sudah mendaftar, ada dari Jakarta, Kaltim, Jateng, Jatim, Kalteng. Diantara pembalap itu, Hengky yang menempati peringkat dua nasional dipastikan hadir. Termasuk pembalap wanita yang akan memeriahkan persaingan,” jelasnya.

Rencanakan akan menempuh jarak lebih dari 300 km yang melewati museum Wasaka, Bukit Batu, Rantaubalai, Kandangan, Rantaukudjang, sampai daerah pantai sebelah Barat Sungai Loban.

“Para peserta melintasi tiga wilayah, yakni Banjarmasin, Banjarbaru, dan Martapura,” beber Ketua Gabungan Otomotiv Banua Sehati (Gabus) ini.

Baca Juga:  Gulat Kalsel Siap Curi Medali di PON Papua

Kejurnas Wisata Rally Kalimantan Selatan sudah pasti akan menjadi kunci bagi perebutan juara nasional 2023, karena setelah putaran Kalsel ada sisa satu putaran di Jawa Barat yang menjadi terakhir di 2023.

Namun putaran Kalsel ini sebagai penentu juara nasional 2023 karena jarak tempuh lebih dari 300km yang berarti total poin putaran ini akan bernilai 1,5 kali dari poin regular.

I Gusti Lanang Wiweka/Adhi Surya/Taufik Rahman dari Kalimantan Timur memimpin poin sementara kejurnas Wisata Rally 2023. Perally dari team Protect Sport Jogjakarta ini unggul sementara dari perally senior Jawa Timur dari team DMO Garage yang juga beberapa kali juara Nasional yaitu Suryo Putranto/Prihatmanto/Rizky EA.

Lanang cs sudah kenal daerah Kalimantan Selatan sehingga menguntungkannya bagi perebutan takhta juara nasional 2023.

Persaingan juara nasional Non-Seeded juga dipastikan seru, rekan satu team Daihatsu dipastikan berebut juara nasional Non-Seeded musim ini.

Ginanjar Pastika/Fudin Bili/Eko Ariyadi akan berhadapan langsung dengan kompatriotnya di team Daihatsu pasangan perally wanita Monica Santoso/Pamela Agustine/Laurell Kurniasari/Margaret. Pasangan Ginanjar cs seperti mendapat kepercayaan diri setelah menjadi runner up di kejurnas Bali pada putaran ketiga lalu. Namun Monica Santoso dinilai lebih konsisten dalam putaran 2023 ini sehingga diprediksi bisa lebih unggul dari Ginanjar cs.

Sepertinya kejurnas wisata rally Kalsel ini akan menyajikan kejutan tersendiri. Ada perally ‘underdog’ namun bisa menjadi kuda hitam di putaran Kalsel.

Jeffery JP/Roy Adrianto/Fredrik T Muladi akan menjadi kuda hitam itu. Meski berstatus seeded B namun Roy Adrianto akan langsung ‘nyetel’ dengan injakan pedal gas Jeffery JP dan ‘feeling’ yang baik dari Fredrik T Muladi.

Hasil minor pada beberapa putaran kejurnas sebelumnya kemungkinan akan berakhir di Kalimantan Selatan bagi Jeffery JP & Fredrik Muladi yang sama-sama pernah menjadi coDriver Hutomo Mandala Putra di era rally mobil group A 1990an. (nfr/k-9)

Iklan
Iklan