Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
BANUA KITATapin

Milineal Desa Gunung Batu Belajar Budidaya Ikan Dalam Kolam 

×

Milineal Desa Gunung Batu Belajar Budidaya Ikan Dalam Kolam 

Sebarkan artikel ini
Pi KETUA PKK TAPIN - Masrupah menebar ikan dalam kolam untuk dipelihara kaum milineal Desa Gunung Batu dalam mendukung program peningkatan kualitas keluarga. (KP/Ist)

Rantau, KP – Desa Gunung Batu Kecamatan Hatungun Kabupaten Tapin masuk program peningkatan kualitas keluarga daerah (PKKD) tahun 2023 oleh Pemerintah Kabupaten Tapin.

Sebelum dilakukan penilaian oleh Tim PKKD Provinsi Kalsel, Tim PKKD Kabupaten Tapin bersama Tim Penggerak PKK Tapin terus melakukan pembinaan bersama SOPD Terkait di Desa Gunung Batu Kec Hatungun.

Rabu (4/10/2023), Dinas Sosial Kabupaten Tapin melakukan pembinaan di Desa Setempat dengan menggandeng Organisasi Kepemudaan Yaitu Karang Taruna Desa Gunung Batu Kec Hatungun Karangtaruna Karaben melakukan sosialisasi usaha ekonomi produktif (UEP) sekaligus penyerahan bantuan budi daya ikan nila dan tanaman hidroponik kepada karang taruna Karaben. 

Sosialisasi dan penyerahan bantuan bibit langsung oleh Kepala Dinas Sosial Tapin Samsi dan Pj Ketua PKK Tapin Masrupah.

Kepala Dinas Sosial Tapin Samsi menjelaskan bahwa bantuan yang diberikan tidak lain untuk memberikan kemandirian kepada pemuda yang ada di Desa Gunung Batu, sehingga dapat menambah penghasilan keluarga di Desa Gunung Batu dari usaha memelihara ikan, dan budidaya tanaman hidroponik.

“Program Peningkatan Kualitas Keluarga di Desa Gunung Batu Kec Hatungun, Dinas Sosial berpartisipasi memberikan bantuan berupa memelihara ikan dalam kolam dan budidaya Tanaman Hidroponik,” jelas Samsi.

Adapun bantuan diberikan berupa kolam terpal, bibit ikan sebanyak 2500 ekor, pakan ikan, mesin pelet, kerangka hidroponik dan tanaman hidroponik. 

Selain itu juga kita berikan bantuan untuk bagi ibu hamil dan ibu yang memiliki balita dalam rangka pencegahan dan penurunan stunting.

Namun sebelum para kaum milineal menerima bantuan, mereka juga terlebih dahulu dibina dan diberikan materi teori dan praktek yakni bagaimana cara memelihara ikan dan menanam tanaman hidroponik yang benar.

Baca Juga:  Lintas Batas Kesetia kawanan Sosial Nasional Di Tapin

Berharap bantuan ini bisa di manfaatkan dengan sebaik-baiknya dan dipelihara sehingga dapat menambah penghasilan dari budidaya ikan dan budidaya menanam dengan cara hidroponik.

Sementara Pj Ketua TP PKK Tapin Masrupah berharap kepada karang taruna Karaben bisa menjaga dan mengembangkan apa yang sudah diberikan. 

“Bagaimanapun bantuan ini untuk mendukung program peningkatan kualitas keluarga di Desa Gunung Batu,” pungkasnya. (abd/K-6)

Iklan
Iklan