Segarkan Kembali Pengetahuan Aplikasi SIKS-NG dan Isu Lewat Kegiatan Ini

PALANGKA RAYA, Kalimantanpost.com –
Menyegarkan kembali pengetahuan mengenai aplikasi SIKS-NG, khususnya terkait isu-isu terkini pengusulan, pemutakhiran, penidaklayakanntindak lanjut hasil temuan BPK terkait DTKS da meningkatkan kapasitas serta semangat dari Pekerja Sosial Masyarakat dalam pelaksanaan tugasnya di lapangan.

“Perlu digelar rapat Koordinasi Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) dan Bimbingan Teknis Pekerja Sosial Masyarakat (PSM) Kalteng,” kata Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) H Nuryakin di Palangka Raya, Senin (23/10/2023).

Diharapkan pertemuan ini dijadikan sarana untuk berdiskusi, bertukar pendapat dan mencari solusi terhadap permasalahan dilapangan terkait pemutakhiran, verifikasi dan validasi DTKS.

“Sehingga ke depan akan lebih terjalin hubungan yang bersifat saling mendukung dan saling bersinergi, dengan demikian pelaksanaan Rakor dan Bimtek ini akan mampu meningkatkan kualitas kesejahteraan masyarakat melalui akurasi data agar pemberian bantuan dapat tepat sasaran,” tandasnya.

Ditambahkan dia, DTKS saat ini menjadi rujukan dalam penentuan calon penerima bantuan sosial di daerah ini, dan nasional.

Berdasarkan Undang-Undang nomor 13 Tahun 2011 tentang Penanganan Fakir Miskin, data fakir miskin yang telah diverifikasi dan divalidasi harus berbasis pada teknologi informasi dan dijadikan data terpadu.

Kementerian Sosial telah mengakomodir amanat Undang-Undang tersebut melalui aplikasi Sistem Informasi Kesejahteraan Sosial Next Generation (SIKS-NG), serta Pekerja Sosial Masyarakat adalah mitra kerja pemerintah untuk mewujudkan pembangunan yang merata di segala bidang

Diakui, dalam pelaksanaan pembangunan daerah provinsi Kalteng khusunya di bidang Kesejahteraan Sosial, PSM berperan penting untuk dapat menjadi pendorong semangat guna memaksimalkan berbagai program Pembangunan Kesejahteraan Sosial.

Rapat dihadiri Kepala Balai Besar Pendidikan dan Pelatihan Kesejahteraan Sosial (BBPPKS) La Ode Taufik Nuryadin dan Pusdatin Kemensos RI Rahmat Setiawan selaku narasumber, Kepala Dinas Sosial Kalteng Eddy Karusman serta Para Peserta Rapat Data Terpadu Kesejahteraan Sosial dan Peserta Bimtek Pekerja Sosial Masyarakat Kalteng. (drt/KPO-3)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya