Target Ikuti Pelatihan Kepolisian COESPU di Italy

Banjarmasin Kalimantanpost.com -Ipda Nova Anggraini SPd, Polwan (Polisi Wanita) yang pernah menjalankan misi PBB di Sudan Selatan pada 2016-2018, saat ini memiliki target mengikuti pelatihan kepolisian Center of Excellence for Stability Police Units (COESPU) di Italy.

Tak hanya itu, Ipda Nova Anggraini, yang kini betugas sebagai Pamin STNK Subdit Regident Ditlantas Polda Kalsel, ternyata pernah pula mendapat tugas mewakili untuk Seminar Internasional membahas tentang Polwan dan pengarusutamaan gender (PUG).

Seminar internasional mengambil tema “Shaping the Future of Police Women: Gender Diversity in Policing”.

Itu dilaksanakan di The Stones Hotel, Bali pada 27 September 2023.

Ketika itu dihadiri Presiden International Association of Women Police (IAWP), Deborah Friedl, dan pejabat IAWP lain.

Hal ini diharapkan dapat memberikan pandangan yang lebih luas dan dari sudut pandang yang berbeda sesuai dengan perkembangan pengarusutamaan gender di daerahnya masing-masing.

“Ya ada kebanggaanlah bisa ikuti Asosiasi Internasional Polisi Wanita (IAWP) dan ini merupakan sebuah kehormatan serta pengalaman pribadi dalam tugas,” ucapnya merendah.

Diketahui, seminar ini merupakan salah satu upaya Polri untuk mengimplementasikan Inpres No. 9 Tahun 2000 tentang Pengarusutamaan Gender dalam Pembangunan Nasional. 

Berita Lainnya
1 dari 3,078

Di mana diinstruksikan kepada Menteri dan Lembaga negara lainnya, untuk melaksanakan PUG sesuai dengan bidang tugas dan fungsi serta kewenangannya, 

Ketika tu, pembicara diundang dalam Seminar adalah perwakilan dari berbagai benua dan organisasi internasional.

Pada bagian lain Ipda Nova Anggraini sebut, pada seminar dapat memberikan pandangan yang lebih luas dan dari sudut pandang yang berbeda sesuai dengan perkembangan pengarusutamaan gender di daerah masing-masing. 

“yah dengan adanya pemahaman yang luas tersebut, setidaknya bagi kita semua dapat memunculkan ide ide baru yang inovatif untuk meningkatkan standar kinerja Polwan dalam menjalankan tugasnya serta lebih memahami pengarusutamaan gender di Polri,” jelas Ipda Nova Anggraini, yang fasih berbahasa Inggris.

Ternyata, ia tak puas dan kini mengikuti kursus bahasa Prancis secara online melalui zoom meeting.

Alasannya Karena memiliki target mengikuti pelatihan kepolisian Center of Excellence for Stability Police Units (COESPU) di Italy.

“Pasalnya untuk mengikuti pelatihan-pelatihan seperti itu biasanya ada tes dan seleksi yang tentu saja disupport dengan kemampuan bahasa asing.

Jadi sekarang saya mendalami juga bahasa Prancis,” tutup Nova, panggilan akrabnya. (K-2)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
Berita Menarik Lainnya

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya