Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
BANUA KITATabalong

Ciptakan Ketahanan Pangan
DKPPTPH Tabalong Kembangkan 10 Kampung Hortikultura

×

Ciptakan Ketahanan Pangan<br>DKPPTPH Tabalong Kembangkan 10 Kampung Hortikultura

Sebarkan artikel ini
KP/Ist

Tanjung, KalimantanPost.com – Untuk mendukung Gerakan Masyarakat (Germas) Ketahanan Pangan di Kabupaten Tabalong, Dinas Ketahanan Pangan, Perikanan, Tanaman Pangan, dan Hortikultura (DKPPTPH) Kabupaten Tabalong memaksimalkan pengembangan 10 Kampung Hortikultura

Hal itu, diungkapkan Kepala DKPPTPH Kabupaten Tabalong Fahrul Razi, saat meninjau lokasi pengembangan hortikultura di Desa Padang Panjang Kecamatan Tanta Kabupaten Tabalong, belum lama tadi.

Dikatakan Fahrul Raji, untuk mendukung Gernas Ketahanan Pangan, pihaknya juga terus memaksimalkan pengembangan 10 Kampung Hortikultura yang ada di Tabalong. “Ini komitmen kita bahwa bagaimana kesiapan kita khususnya horti,” ujarnya.

“DI dinas kita fokus ke ketersediaan komoditas. Maka dari dinas kita beri sarana prasarana, dan kawan-kawan di sana kita juga lakukan pendampingan, dan juga tentunya kolaborasi dari semua unsur termasuk Kodim,” ungkap Fahrul Raji.

Sementara itu, Komandan Kodim (Dandim) 1008 Tabalong Letnan Czi Catur Witanto mengatakan bahwa pengembangan hortikultura yang masuk dalam program Gernas Ketahanan Pangan ini merupakan salah satu upaya untuk memenuhi kebutuhan pangan di Tabalong. “Hal ini juga sekaligus mendukung penyediaan produk hortikultura di wilayah Ibukota Nusantara,” ujarnya.

“Ini merupakan kegiatan pendampingan karena harapannya dengan ketahanan yang kuat, insyaallah masyarakat kita akan semakin maju dan tentunya akan mendukung Indonesia yang lebih maju. Harapan kita semua ini mungkin oleh warga masyarakat di sekitar wilayah Tabalong karena memang bagus sekali seperti yang disampaikan oleh Bupati Tabalong beberapa hari yang lalu, dari kegiatan ini bisa mendukung keberlangsungan IKN. Kita hampir setiap hari kita hampir 3 sampai 5 ton tanaman-tanaman pangan ke arah IKN,” demikian ungkap Letkol Czi Catur Witanto.

Selain meninjau lokasi pengembangan hortikultura, jajaran Kodim 1008 Tabalong bersama DKPPTPH Tabalong turut mengikuti kegiatan video conference Gerakan Nasional Ketahanan Pangan Tahun 2023 dalam rangka peringatan HUT ke-78 TNI yang digelar serentak diseluruh Indonesia.

Baca Juga:  Peserta Didik Baru SMAN 1 Rantau Dibekali Wawasan Kebangsaan

Dari informasi, upaya memenuhi kebutuhan pangan Tabalong, Kodim 1008 Tabalong bersama DKPTPH Tabalong memberi pendampingan pengembangan hortikultura bagi kelompok tani di Desa Padang Panjang Kecamatan Tanta.

Pengembangan hortikultura ini merupakan bagian dari Gerakan Nasional Ketahanan Pangan Tahun 2023. Pendampingan pengembangan hortikultura menyasar kelompok tani Tabilung Sasameh di Desa Padang Panjang Kecamatan Tanta. Di lahan seluas kurang lebih 1 hektar ini, para petani mengembangkan beragam tanaman hortikultura, seperti
3.500 pohon jagung, 5.000 pohon tomat, serta 1.000 pohon cabai jenis kaliber dan ori 212. (ros/K-6)

Iklan
Iklan