DLH Akan Kejar Pemenuhan RTH

Tahun 2023 pihaknya, merampungkan pembangunan sejumlah taman. Diantaranya, pembenahan taman satwa Jahri Saleh.

BANJARMASIN, KP – – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Banjarmasin terus berupaya mengejar target pemenuhan Ruang Terbuka Hijau (RTH), yakni 30 persen dari luas wilayah Kota Banjarmasin 98,46 kilometer persegi.

“ Terkait itu DLH hampir setiap tahun menyiapkan anggaran baik untuk pembenahan RTH yang sudah ada, maupun menyiapkan lahan baru untuk dijadikan RTH,” kata Kepala DLH Kota Banjarmasin,Alive Yoesfah Love.

Dikatakan, sampai saat ini luas RTH di Banjarmasin masih minim baru sekitar enam persen dari luas wilayah Kota Banjarmasin 98,46 kilometer persegi.

Ia menyebutkan, dari luasan RTH dimiliki itu masih jauh sebagaimana diamanatkan Undang-Undang Nomor : 26 tahun 2007 tentang Tata Ruang yang mengamanatkan sebuah kota minimal memiliki 30 persen dari luas wilayah.

Berita Lainnya
1 dari 8,171

“ Dari 30 persen itu, 10 persen RTH yang bersifat privat dan 20 persen bersifat publik atau dimiliki pemerintah daerah,” katanya kepada {KP} di gedung DPRD Kota Banjarmasin belum lama ini.

Alive Yoesfah menyebutkan, tahun 2023 lalu pihaknya, merampungkan pembangunan sejumlah taman. Diantaranya, pembenahan taman satwa Jahri Saleh.

Selanjutnya, taman Kemiri Kelurahan Sungai Andai, taman Patih Masih Jalan HKSN dan revitalisasi taman bermain anak di taman Kamboja Jalan H Anang Adenansi.

Ia menargetkan sampai tahun 2050 penambahan RTH di Kota Banjarmasin seluas 7 hektar. Kendati diakuinya, target itu bukan hal gampang lantaran semakin menipisnya lahan tersedia, apalagi di pusat kota.

Sementara anggota komisi III DPRD Kota Banjarmasin, Muhammad Isnaini mengapresiasi selesainya pembangunan taman tersebut.

“ Sebab dengan adanya taman atau RTH akan memperindah dan memperasri serta membuat kota menjadi teduh dan nyaman,” ujar Isnaini. (nid/K-3)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
Berita Menarik Lainnya

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya