Eksekutif dan Legislatif Sepakati Rancangan Awal RPJPD Kabupaten Tapin 2025-2045

Rantau, KP – Pemerintah Kabupaten Tapin dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah kabupaten Tapin sepakati  rancangan awal.

Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Kabupaten Tapin 2025-2045. 

Hal itu setelah dilakukan pembahasan bersama antara eksekutif dan legislatif di ruang Meeting Room Fugo Hotel Banjarmasin. Sabtu, (27/1/ 2024).

Pembahasan RPJPD Kabupaten Tapin 2025-2045 dipimpin langsung oleh Penjabat Bupati Tapin Muhammad Syarifuddin dan Ketua DPRD Tapin H Yamani.

Sementara peserta pembahasan dihadiri Sekretaris Daerah Tapin Dr H Sufiansyah beserta para jajarannya dan juga para anggota DPRD Kabupaten Tapin.

Pj Bupati Tapin dalam sambutannya sebelum melakukan pembahasan menyampaikan, Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 1 Tahun 2024 telah mengamanatkan bahwa Bupati/Wali kota bersama DPRD Kabupaten/Kota untuk segera membahas RPJPD Kabupaten/Kota Tahun 2025- 2045 yang selaras dan berpedoman pada RPJPN Tahun 2025-2045, RPJPD Provinsi Tahun 2025-2045, dan RTRW Kabupaten/Kota.

“Dengan instruksi tersebut pemerintah daerah dapat melakukan pembahasan dan menyepakati Rancangan Awal RPJPD bersama DPRD, “katanya.

Berita Lainnya
1 dari 3,172

Menurutnya pembahasan dan penyepakatan rancangan awal RPJPD Kabupaten Tapin 2025-2045 merupakan kesepakatan awal bersama DPRD mencakup kesepakatan terhadap visi, miso arah kebijakan dan sasaran pokok pembangunan.

“Hasil pembahasan bersama rancangan awal RPJPD, dirumuskan dalam nota kesepakatan yang ditandatangani oleh kepala daerah dan DPRD; dan

Rancangan awal RPJPD disempurnakan berdasarkan nota kesepakatan, “katanya.

Berharap kegiatan pembahasan dan penyepakatan rancangan awal RPJPD Kabupaten Tapin 2025-2045 ini dapat diikuti dengan baik dari awal hingga akhir sehingga menghasilkan visi, misi arah kebijakan dan sasaran pokok pembangunan yang bisa disepakati bersama 

Sementara Ketua DPRD Tapin H Yamani mengatakan, atas nama pimpinan DPRD mengucapkan terima kasih kepada penyelenggara yang telah berkenan meagendakan kegiatan Pembahasan dan penyepakatan RPJPD Kabupaten Tapin 2025-2045.

Sebagaimana dimaksud pada peraturan pemerintah nomor 23 tahun 2014 tentang pemerintah daerah memiliki fungsi membentuk perda untuk itu DPRD mendukung penuh terhadap pembahasan rancangan awal RPJPD.

“DPRD berkometemen mendukung penuh dan bersenergi dalam pembahasan dan penyepakatan rancangan awal rencana pembangunan jangka panjang daerah Kabupaten Tapin 2025-2045 sesuai dengan ketentuan undang-undang,” katanya.

Sebelum dilakukan pembahasan terlebih dahulu Pemerintah daerah Kabupaten Tapin menyampaikan paparan RPJPD Kabupaten Tapin disampaikan oleh Sekretaris Daerah Tapin Dr Sufiansyah..usai penyampaian. Dilakukan pembahasan dan di sepakati bersama antara pemerintah Kab Tapin dan DPRD Kab Tapin. (abd/K-6)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
Berita Menarik Lainnya

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya