Ribuan KPM Tapin Terima Bantuan Beras Pemerintah

Rantau, KP – Penjabat Bupati Tapin Muhammad Syarifuddin menyalurkan secara simbolis bantuan Cadangan Pangan Pemerintah (CPP) Tahun 2024 kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Desa Kepayang Kecamatan Tapin Tengah Kabupaten Tapin. bertempat diBalai Desa Desa Kepayang Kec Tapin tengah Kabupaten Tapin, Kamis (1/2/2024) kemarin pagi.

Penyerahan bantuan pangan pokok beras tahun 2024 ini dihadiri, Asisten Ekonomi dan Pembangunan Setda Tapin Errani Martin, Kepala Bappelitbang Tapin Meidy Haris Prayoga, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Reza Ramadie, Camat Tapin Tengah Hamzah Assegaf dan Kepala Desa Kepayang Muhran.

Pi Bupati Tapin menyampaikan, penyerahan bantuan pangan pokok beras ini program Presiden Republik Indonesia dalam rangka memberikan bantuan pangan beras kepadakeluarga penerima manfaat (KPM) di Kabupaten Tapin.

“Tujuan penyerahan bantuan pangan pokok beras adalah Mengurangi Beban Pengeluaran Penerima Bantuan Pangan sekaligus upaya dalam mengentaskan kemiskinan, menangani kerawanan pangan, menanggulangi kekurangan pangan dan gizi, mengendalikan gejolak harga pangan dan inflasi,“ jelasnya.

Penyaluran pangan berupa beras 10 kilogram ini diserahkan secara simbolis kepada keluarga penerima manfaat sebanyak 54 kepala keluarga di Desa Kepayang Kecamatan Tapin Tengah.

“Penyaluran bantuan ini disalurkan secara bertahap berupa pangan pokok beras 10 kg/KPM, yang akan disalurkan selama 6 bulan, mulai periode Januari – Juni 2024,“ ujarnya.

Berita Lainnya
1 dari 3,139

Berharap kepada keluarga penerima manfaat menerima bantuan pangan berupa beras, bisa bermanfaat sehingga dapat mengatasi inflasi dan kemiskinan eksrem sesuai dengan program pemerintah pusat.

Sementara Kepala Bolug Hulu Sungai Panji Lintang mengatakan, program bantuan beras ini adalah program nasional sudah berjalan tahun 2023 yang mana penyalurann berasnya di percayakan pad Bolug dan telah terealisasi penyaluran beras di Kabupaten Tapin sebanyak 554 ton beras diperuntukkan untuk keluarga penerima manfaat pada tahun 2023.

“Untuk tahun 2024 dilanjutkan lagi sampai dibulan juni, sebanyak  8154 KPM menerima beras 10 kilogram per KPM, tersebar di seluruh 12 Kecamatan se Kabupaten Tapin,“ ujarnya.

Dikatakannya bahwa program ini bertujuan untuk mengurangi beban pengeluaran masyarakat dan mengatasi ketahanan pangan, seperti kita ketahui pada tahun 2023 terjadi el nino kemarau panjang, sehingga pemerintah mengambil langkah untuk mengatasi ketahanan pangan dan juga pengandalian inlfasi daerah.

Berarap proram ini dapat memberikan manfaat optimal untuk kebutuhan hidup masyarakat dan juga sebagai penguatan ketahanan pangan.

Adapun keluarga penerima manfaat (KPM) di kabupaten Tapin sebanyak 81054 keluarga penerima manfaat yang tersebar di 12 kecamatan se Kabupaten Tapin dengan rincian Kecamatan Tapin Tengah berjumlah 1373 KPM, Kecamatan Salam Babaris berjumlah 292 KPM, Kecamatan Hatungun berjumlah 274 KPM, Kecamatan Bakarangan berjumlah 866 KPM, Kecamatan Binuang berjumlah 969 KPM, Kecamatan Bungur berjumlah 707 KPM, Kecamatan CLS berjumlah 498 KPM, Kecamatan CLU berjumlah 971 KPM, Kecamatan Lokpaikat berjumlah 308 KPM, Kecamatan Piani berjumlah 419 KPM, Kecamatan Tapin Selatan berjumlah 1096 KPM dan Kecamatan Tapin Utara, berjumlah 381 KPM.

Bentuk Bantuan pangan pokok (beras) @ 10 kg/KPM, yang akan disalurkan selama 6 bulan, mulai periode Januari – Juni 2024. (abd/K-6)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
Berita Menarik Lainnya

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya