Iklan
Iklan
Iklan
BanjarmasinTRI BANJAR

Dua Mobil Pusling Palnam Dukung KKN Mahasiswa UNUKASE di Desa Sungai Kali Batola

×

Dua Mobil Pusling Palnam Dukung KKN Mahasiswa UNUKASE di Desa Sungai Kali Batola

Sebarkan artikel ini
Anak-anak Desa Sungai Kali Kecamatan Barambai, Kabupaten Barito Kuala begitu antusias mencari buku mobil Pusling Palnam Dispersip Kalsel, Senin (25/3/2024). (Kalimantanpost.com/Repro dispersipprovinsikalsel)

BANJARMASIN, Kalimantanpost.com – Cuaca yang cukup panas dan melaksanakan ibadah puasa, tak menyurutkan lima personil mengendarai dua mobil Perpustakaan Keliling (Pusling) Palnam Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Provinsi Kalimantan Selatan berkunjung ke Desa Sungai Kali Kecamatan Barambai, Kabupaten Barito Kuala, Senin (25/3/2024).

Sambil bersenda gurau, perjalanan yang jarak tempuh dua jam melewati darat dan menyeberangi sungai menggunakan feri, tak terasa sampai sekitar pukul 10.00 Wita. Kedua mobil Pusling Palnam pun parkir di halaman Kantor Kepala Desa Sungai Kali Kecamatan Barambai.

Android

Setibanya di lokasi, sebanyak delapan mahasiswa UNUSE yang melaksanakan Kuliah Kerja Nyaya (KKN) di Desa Sungai Kali Kecamatan Barambai bersama anak-anak desa setempat menyambut kedatangan kedua mobil Pusling tersebut.

Anak-anak Desa Sungai Kali pun terlihat sudah tak sabaran lagi ingin meminjam buku dengan ‘menyerbu’ mobil Pusling. Setelah mendapatkan buku yang disukainya, anak-anak tersebut kemudian mencari tempat duduk secara berkelompok dibimbing mahasiswa KKN.

Imam Nawawi, salah satu perwakilan Kelompok 7 mahasiswa NUKASE yang ber KKN di Desa Sungai Kali Kecamatan Barambai mengatakan mereka mengadakan program kegiatan perpustakaan keliling dengan bekerjasama Perpustakaan Provinsi Kalsel.

“Alhamdulillah, sewaktu kami mengundang Mobil Pusling Palnam langsung direspon dengan baik. Kami berharap Dispersip Kalsel terus bekerjasama dengan mahasiswa dan sekolah-sekolah terpencil agar literasi membaca hingga sampai kepedesaan,” papar Imam.

Menurut dia, kegiatan seperti ini sangat bagus dan diharapkan terus berkembang.

Ditambahkan Imam, melalui kegiatan ini akan meningkatkan gemar membaca bagi anak-anak serta menambah ilmu pengetahuan mereka.

“Ini juga membuat mereka senang dan gembira, karena bisa secara langsung melihat dan membaca berbagai macam buku melalui layanan perpustakaan keliling,” ucapnya.

Baca Juga:  Janji Perjuangkan Aspirasi MahasiswaDPRD Banjarmasin Tandatangani Surat Pernyataan

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Provinsi Kalsel, Hj Nurliani Dardie mengungkapkan pihaknya sangat mendukung program kegiatan literisasi, khususnya mahasiswa yang melaksanakan KKN.

“Kami mendapat surat undangan dari mahasiswa KKN UNUKASE tertanggal 16 Maret lalu agar bisa datang ke Desa Sungai Kali Kecamatan Barambai. Undangan itu langsung kami respon dengan mengirim dua mobil Pusling Palnam ke sana,” ujar Bunda Nunung, panggilan akrab Nurliani.

Dia berharap dengan kehadiran mobil Pusling, akan membantu meningkatkan minat baca bagi anak-anak di Desa Sungai tersebut. (ful/KPO-3)

Iklan
Iklan