Iklan
Iklan
Iklan
OLAHRAGA

Gol Egy Bungkam Vietnam 1-0, Indonesia Naik ke Posisi Kedua Grup F

×

Gol Egy Bungkam Vietnam 1-0, Indonesia Naik ke Posisi Kedua Grup F

Sebarkan artikel ini
Egy Maulana Vikry dan kawan-kawan melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Vietnam. Indonesia berhasil membungkam Vietnam 1-0 dalam pertandingan putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia Grup F yang berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Kamis (21/3/2024) malam. (Kalimantanpost.com/Instagram jakfootball.128)

JAKARTA, Kalimantanpost.com – Gol yang dicetak Egy Maulana Vikri membawa Indonesia berhasil membungkam Vietnam 1-0 dalam pertandingan putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia Grup F yang berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Kamis (21/3/2024) malam.

Tambahan tiga poin membuat Pasukan Garuda naik ke posisi kedua Grup F dengan poin 4 dari 3 kali main, sekali menang, satu kali seri dan sekali kalah.

Android

Di dua laga sebelumnya, Timnas Indonesia gagal meraih kemenangan lantaran dikalahkan 1-5 oleh Irak, lalu hanya mampu imbang 1-1 melawan Filipina.

Vietnam turun diperingkat ketiga dengan tiga poin dari sekali menang dan dua kali kalah. Tiga poin Vietnam itu didapat saat menang 2-0 di markas Filipina, sedangkan saat menjamu Irak, mereka kalah 0-1.

Lalu, Irak kokoh di puncak klasemen Grup F dengan koleksi enam poin dari dua kali menang dan Filipina berada di dasar klasemen Grup F dengan koleksi 1 poin dari dua kali main.

Indonesia akan kembali ketemu Vietnam pada 26 Maret di kandang lawan.

Dipertandingan tadi malam, kembali kejutan dibuat pelatih Shin Tae-yong dengan membangku cadangkan bek kanan Sandy Walsh dengan memasang Yakob Sauri.

Begitu juga di back kiri, Pratama Arhan ‘disimpan’ dan mencoba memasang pemain yang baru di naturalisasi Nathan Tjoe A On.

Di center back, absennya Jordi Amat dan Elkan Baggott membuat Shin Tae-yong menurunkan pemain baru Jay Idzes dari klub Seri B Italia, Rizky Ridho dan Justin Hubner.

Di lini tengah, dipercayakan kepada pemain Jong Utrecht Ivar Jenner dan Marcelino Ferdinand, pemain sayap kiri ditempati Rafael Struick dan sayap kanan oleh Witan Sulaiman serta striker memasang Hokky Caraka.

Baca Juga:  Jordania 'Gunduli' Malaysia 4-0, Korsel Menang 3-1 Atas Bahrain di Piala Asia

Adanya perubahan komposisi pemain yang diturunkan Shin Tae-yong membuat permainan Indonesia tak berkembang. Malah Vietnam yang menurunkan pemain Nham Manh Dung dan Nguyen Dinh Bac di depan langsung melakukan pressure sejak menit awal.

Gelandang Do Hung Dung, Nguyen Hoang, Phan Tuan Tai dan Nguyen Thai Son mampu memenangkan duel di lini tengah atas pemain gelandang Indonesia yang ditempati Marselino Ferdinand dan Ivar Jenner. Apalagi Justin Hubner biasanya menempati gelandang bertahan dipasang sebagai center back hingga lini tengah Indonesia ‘melompong’.

Belum lagi penampilan striker Hokky Caraka yang cukup kebingungan dalam menempati posisi dan mudah kehilangan bola, sehingga serangan Indonesia dengan mudah dipatahkan lini belakang Vietnam di kawal Vo Minh Trong dan Bui Tien Dung.

Indonesia baru bisa keluar dari tekanan pemain Vietnam memasuki di menit 25.

Di menit 29, Rizky Ridho memberikan umpan kepada Rafael Struick yang melakukan solo run melakukan serangan dari rusuk kiri dan melakukan tendangan spekulasi tapi masih tepat dipelukan Vietnam, Nguyen Filip.

Setelah itu, tidak ada lagi serangan berbahaya buat kedua tim. Hingga babak pertama berakhir kedudukan imbang 0-0.

Memasuki babak kedua, Shin Tae-yong memasukkan tiga pemain sekaligus, Sandy Walsh, Egy Maulana Vikry dan Arhan Pratama menggantikan Yakob Sauri, Hokky Caraka dan Natan Tjoe A On.

Kehadiran tiga pemain ini membuat Indonesia tampil lebih agresif melakukan tekanan.

Hasilnya di menit 51 Indonesia berhasil membobol gawang Vietnam. Berawal dari lemparan ke dalam Pratama Arhan, bola disundul Jay Idzes dan bola berusahan dihalau pemain belakang Vietnam, Vo Minh Trong tapi jatuh ke kaki Egy. Pemain Dewa United ini dengan mudah menceploskan ke gawang Nguyen Filip.

Baca Juga:  DR Agus Febrianto pimpin PORTINA Kalsel

Unggul 1-0, Indonesia semakin gencar melakukan tekanan. Ivar Jenner menusuk dari rusuk kiri dan memberikan umpan ke mulut gawang dan bola ditendang Jaya Idzes yang maju ke depan tapi tepat dipelukan kiper Vietnam di menit 56.

Begitu juga sepakan Marselino hasil kerjasama Witan di menit 67 masiih di blok kiper Nguyen Pilip.

Tiga menit kemudian Rafael bisa mencuri bola dari kaki pemain lawan, sayangnya tendamgannya terlalu lemah.

Di menit 79, Rizky Ridho ditarik keluar diganti Ricky Kambuaya. Sandy Walsh pun ditempatkan sebagai center back dan Witan ditarik sebagai bek kanan menggantikan posisi Sandy.

Peluang emas kembali didapat Egy memanfaatkan umpan Arhan di menit 90, tapi plesing Egy bisa ditips kiper Nguyen Filip.

Hingga babak kedua berakhir kedudukan 1-0 tak berubah untuk Indonesia. (ful/KPO-3)

Iklan
Iklan