Iklan
Iklan
Iklan
BanjarmasinTRI BANJAR

Anggaran Pembuatan Jalan Baru TPA Basirih Terdampak Refocusing

×

Anggaran Pembuatan Jalan Baru TPA Basirih Terdampak Refocusing

Sebarkan artikel ini
JALAN TPA- Inilah Jalan TPA yang sampai sekarang ini kurang tersentuh dan belakangan dianggaran juga harus dipangkas. (KP/Mardianto)

Banjarmasin, KP- Pemerintah Kota (Pemko) Banjarmasin melakukan refocusing Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) 2024.

Kebijakan itu diambil untuk membayar tunggakan pembayaran utang sekitar Rp 348 miliar kepada pihak ketiga atas selesainya pekerjaan sejumlah proyek.

Android

Dampak refocusing menyebabkan seluruh anggaran SKPD untuk melaksanakan program yang telah direncanakan tahun 2024 dikurangi. Seperti anggaran Dinas Lingkungan Hidup (DLH).

Adapun anggaran yang terkena refocusing diantaranya untuk anggaran pengembangan pembuatan jalan baru di areal TPA Basirih.

“ Semula dianggarkan Rp 11 miliar, namun setelah di refocusing dikurangi menjadi Rp 7 miliar,” kata Kepala DLH Kota Banjarmasin Alive Yoesfah Love.

Hal itu disampaikannya usai rapat kerja dengar pendapat dengan komisi III DPRD Banjarmasin baru-baru tadi.

Meski penyediaan anggaran dikurangi, namun Alive Yoesfah optimisbn pembangunan jalan baru ke zona 1 dan zona 2 lahan baru TPA itu masih bisa diselesaikan.

“Masalahnya karena pembuatanya jalannya sudah ada tinggal tahapan pekerjaan pengerasan dan pengaspalan,” ungkapnya.

Menurut Alive, pengembangan TPA berupa pembuatan jalan baru menuju zona 1 dan zona 2 penting dilaksanakan untuk mengatasi semakin menipis dan terbatasnya lahan pembuangan sampah di TPA tersebut.

Menyinggung pengelolaan sampah kedepan di TPA Basirih ia menjelaskan, DLH berencana memprogramkan penyediaan peralatan pemilah sampah.

Menurutnya, dengan adanya teknologi mesin yang bisa memilah sampah itu diharapkan menjadi salah satu solusi dalam menangani tata kelola sampah.

“ Terutama pada TPA Basirih yang sudah hampir penuh karena menampung pembuangan sampah sekitar 600 meter kubik setiap harinya,” tutupnya.

Ia mengatakan, pihaknya sedang mensurvei harga peralatan pemilah sampah tersebut untuk diusulkan pembeliannya dalam pembahasan anggaran tahun depan setelah sebelumnya kemampuan keuangan daerah. (nid/K-3)

Iklan
Baca Juga:  Syukuran Milad H Iyun ke-43 Dipenuhi Warga Banjarmasin Barat
Iklan