Iklan
Iklan
Iklan
HEADLINE

Bersama Ribuan Perempuan Banua Penanaman Pohon Eucalyptus

×

Bersama Ribuan Perempuan Banua Penanaman Pohon Eucalyptus

Sebarkan artikel ini
PENANAMAN POHON - Jenis Eucalyptus di Taman hutan kota Perkantoran Pemprov Kalsel di Banjarbaru dipimpin Gubernur Kalsel, H. Sahbirin Noor dan Ketua TP PKK Kalsel, Hj. Raudatul Jannah Sahbirin, Senin (22/4). (Ist)

Banjarbaru, KP – Bertepatan dengan Hari Kartini 2024, Senin (22/4), 2.500 perempuan banua melaksanakan penanaman pohon jenis Eucalyptus di Taman hutan kota Perkantoran Pemprov Kalsel di Banjarbaru. Penanaman tersebut dipimpin Gubernur Kalsel, H. Sahbirin Noor dan Ketua TP PKK Kalsel, Hj. Raudatul Jannah Sahbirin.

Kegiatan digelar Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPPA) dan Dishut Kalsel ini melibatkan jajaran PKK Kabupaten/Kota se Kalsel, organisasi perempuan, pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), ibu rumah tangga, Acil Jukung, Acil Kambang dan Acil Sadap, mahasiswi serta pelajar.

Selain penanaman pohon jenis Eucalyptus, dilanjutkan melepasliarkan 100 burung jenis perkutut dan tekukur sebagai bentuk konservasi fauna.

Kegiatan juga diisi lomba merangkai kembang dan pantun yang diikuti kaum perempuan. Plt. Kepala DPPPA sekaligus Kepala Dinas Kehutanan Kalsel Hj. Fatimatuzzahra, menyampaikan kegiatan menanam pohon bertujuan untuk mengingatkan betapa pentingnya menjaga keseimbangan ekosistem lingkungan.

Pada sisi lain, selaku Ketua TP PKK Kalsel, Hj. Raudatul Jannah atau Acil Odah, mengatakan aksi menanam pohon tak sekedar seremonial, tetapi mengenang jasa kaum perempuan yang terlibat dalam memajukan bangsa dan negara.

Ia menyebutkan ribuan batang pohon yang ditanam pada dua lokasi yang berdekatan di kawasan area perkantoran gubernur itu sekaligus untuk mendukung program revolusi hijau yang terus digaungkan oleh Pemprov Kalsel dalam rangka menghadapi perubahan iklim.

“Menanam pohon juga salah satu upaya menyuplai oksigen agar udara semakin bersih, tentunya hal ini berdampak baik terhadap pelestarian alam dan lingkungan,” kata Acil Odah yang juga Kadinkes Kalsel tersebut.

Ia mengajak kaum perempuan terus meningkatkan kapasitas sebagai pilar utama ketahanan keluarga, utamanya dalam manajemen kebutuhan anak untuk menyiapkan generasi muda yang unggul dan berkualitas.

Baca Juga:  Pilah Sampah Perlu Ditanamkan Sejak Dini

Ia mengatakan pula kesadaran dalam menjaga sumber kehidupan adalah kunci kelangsungan hidup. Karenanya, menanam pohon adalah upaya menjaga kelangsungan alam Kalimantan sebagai paru-paru dunia, sekaligus menunjukkan perempuan memiliki peran besar dalam kelestarian lingkungan.

Acil Odah juga menekankan peran penting perempuan dalam menyukseskan kemajuan pembangunan di daerah.

Kaum perempuan, kata dia, telah berjasa banyak dalam memajukan bangsa dan negara karena selain terlibat langsung dalam birokrasi pemerintahan, perempuan juga turut memberikan dukungan penuh kepada para suami dalam memberikan ide dan gagasan untuk memajukan negara.

“Kaum perempuan harus bersatu padu menguatkan kolaborasi untuk mendukung pembangunan daerah agar semakin maju,” kata Acil Odah.

Sebelumnya Gubernur Kalsel, Paman Birin mengatakan Penanaman pohon ini adalah bentuk penghargaan kepada kaum perempuan yang telah berkontribusi terhadap lingkungan.

Ia berharap kaum perempuan terus memberikan energi positif dan pengabdian untuk membangun bangsa dan negara. (mns/K-2)

Iklan
Iklan