Iklan
Iklan
Iklan
HEADLINE

Sejumlah Sespimti Polri dan TNI Merasa Tersanjung Penyambutan DPRD Kalsel, Kejati dan Korem

×

Sejumlah Sespimti Polri dan TNI Merasa Tersanjung Penyambutan DPRD Kalsel, Kejati dan Korem

Sebarkan artikel ini
KUNJUNGAN di Dewan Kalsel dan Kejati. (Ist)

Banjarmasin, KP – Sejumlah Sespimti Polri dan TNI merasa tersanjung atas penyambutan pihak DPRD (Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kalsel, Kejati (Kejaksaan Tinggi) dan Korem 101/Abtasari, Senin, (22/4).

Inikunjungan tim Praktik Kerja Dalam Negeri (PKDN) Sekolah Staf dan Pimpinan Tinggi (Sespimti) Polri Dikreg ke-33 tahun 2024.

Ketika di DPRD, diterima Ketua, Dr (HC) H Supian HK, SH MH.

H. Supian HK juga mengaku merasa sangat bangga karena sebagai Wakil Rakyat terlibat dalam proses pendidikan Sespimti Polri.

Dan merasa sangat senang karena bisa berinteraksi dengan para SDM terbaik yang dimiliki Polri dan TNI.

“Kami berharap keterlibatan para wakil rakyat dalam proses pendidikan ini membawa manfaat yang positif bagi seluruh para peserta didik sekalian,” ucapnya

Supian HK juga mengapresiasi tema yang dibawakan, yakni “Strategi Polri Menjaga Stabilitas Kamtibmas dalam Pesta Demokrasi 2024 Menuju Indonesia Emas.”

Menurutnya, tema ini sangat relevan di masa sekarang.

Terlebih, setelah pelaksanaan Pipres dan Pileg beberapa waktu yang lalu, selanjutnya akan disusul masa Pilkada serentak.

“Dinamika dalam tahapan-tahapan pemilu tentu sangat dinamis. Dalam proses itu, ada berbagai potensi yang dapat mengganggu kamtibmas.

Kondisi ini patut diwaspadai. Termasuk di Kalsel, mengingat indeks kerawanan pemilu (IKP) untuk pemilu tahun 2024 Kalsel menempati urutan ke-9 Nasional,” ujar Supian HK.

Dirinya juga sangat bersyukur, berkat doa dan dukungan dari berbagai pihak dan lapisan masyarakat, salah satunya Polri dan TNI sehingga Pilpres dan Pileg di Kalsel bisa berjalan dengan lancar dan aman tanpa kendala berarti.

Sementara itu, Ketua Pendamping Praktik Kerja Dalam Negeri (PKDN) Sespimti Polri Dikreg ke-33 T.A. 2024, Irjen Pol Abioso Seno Aji, SIK, MH. merasa sangat tersanjung karena mendapat penyambutan yang sangat baik, dari semeua pihak.

Baca Juga:  Gia Pratama: Dokter dan Juga Penulis Kunjungi Dispersip

“Terima kasih atas segala keramahan dan penerimaan yang sangat hangat, saya berdoa semoga kita semua selalu senantiasa diberikan kesehatan, kekuatan, kemudahan, dan kelancaran dalam melakukan pengabdian kita semua kepada masyarakat dan negara,” ucapnya.

Selain berterima kasih kepada semua pihak, kunjungan ini juga untuk mengantarkan mereka naik pangkat ke jenjang jenderal pada saatnya nanti.

“Polri dan TNI tidak akan bisa bekerja sendiri tanpa adanya dukungan dari seluruh elemen bangsa dalam menyelesaikan semua persoalan yang muncul di wilayah tertentu baik kejahatan konvensional maupun sosial kemasyarakatan,” kata Abi

Kerjasama sinergitas kolaborasi koordinasi untuk menuntaskan persoalan yang dihadapi itu sangat penting dilakukan, contohnya dengan DPRD Kalsel.

Kunjungan pendidikan untuk jenjang jenderal ini lebih menekankan kepada para peserta didik, lebih arif dan bijaksana dalam berbuat maupun bertindak, karena sebagai makhluk sosial, tidak bisa hidup sendiri, memerlukan pihak lain.

“Kunjungan pendidikan para Jenderal Polri dan TNI ini, tidak saja di DPRD Kalsel, tapi juga di beberapa provinsi lain di Indonesia,” katanya

Selain itu, sejumlah Sespimti Polri dan TNI diterima Kepala Kejaksaan Tinggi Kalimantan Selatan (Kajati Kalsel) Dr Mukri SH MH beserta para Asisten, di Aula Anjung Papadaan.

Kajati paparan mengenai peran dari Kejaksaan Tinggi Kalsel dalam pemilu / pilkada serentak tahun 2024.

Adapun peran dan tanggung jawab Kejati Kalsel dalam proses setiap tahapan pemilu 2024.

Yakni melalui bidang intelijen melakukan pengawasan ketat terhadap setiap tahapan Pemilu/Pilkada untuk mencegah

potensi pelanggaran hukum, yaitu dengan mengoptimalkan Tim Pengawasan Money Politic dan Netralitas ASN dengan Bawaslu dan mengoptimalkan input data.

Kejaksaan akan bertindak untuk menegakkan hukum dan memastikan proses pemilu tetap berlangsung adil mulai dari penerimaan temuan atau laporan hingga pelaksanaan putusan pengadilan yang memperoleh kekuatan hukum tetap.

Baca Juga:  Kabar Duka, Mertua Wali Kota Banjarmasin Meninggal Dunia Jumat Pagi

Lainnya, tergabung dalam Sentra Gakkumdu berkolaborasi dengan Polda Kalsel, Bawaslu bertugas menangani pelanggaran pemilu yang terjadi selama tahapan pemilu serta Kejaksaan bertanggungjawab dalam menyamakan persepsi dan membentuk pemahaman yang sama tentang penanganan perkara.

Untuk menjaga ketertiban dan ketentraman umum, Kejaksaan melalui bidang Intelijen maupun Sentra Gakkumdu memberikan kesadaran hukum kepada Masyarakat terkait Tindak Pidana Pemilu pengamanan kebijakan penegakan hukum tindak pidana pemilu, pengawasan aliran kepercayaan yang dapat membahayakan masyarakat dan negara pada penyelenggaraan Pemilu Serentak.

Kemudian juga dismabut Danrem 101/Antasari Brigjen TNI Ari Aryanto, SE, MIP beserta PJU.

Danrem menyampaikan sejarah Korem 101/Antasari dan tugas pokoknya. (*/nau/K-2)

Iklan
Iklan