Iklan
Iklan
Iklan
BANUA KITATanah Laut

Sekda Sampaikan Poin Pembahasan RKP DBH Sawit

×

Sekda Sampaikan Poin Pembahasan RKP DBH Sawit

Sebarkan artikel ini

Pelaihari, KP – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Tanah Laut (Tala) H Dahnial Kifli, mengikuti Pembukaan Pembahasan Rancangan Kegiatan dan Penganggaran Dana Bagi Hasil Sawit (RKP DBH Sawit) Tahun 2024 antara Pemerintah Provinsi, Kabupaten dan Kota se-Kalimantan Selatan (Kalsel) dengan Kementerian Teknis, Kementerian Dalam Negeri dan Kementerian Keuangan Republik Indonesia (RI). Bertempat di Aula Kantor Badan Penghubung Pemerintah Provinsi Kalsel Jakarta Pusat, Senin (22/4/2024).

Pada kesempatan tersebut, Dahnial menjelaskan bahwa ada beberapa poin yang mendasari Pemerintah Daerah Kabupaten Tala mengikuti pembahasan yaitu telah diusulkannya RKP DBH Sawit Kabupaten Tala Tahun 2024 kepada Bapenda Pemerintah Provinsi Kalsel pada 8 Maret 2024 dan ke Kementerian Keuangan RI pada tanggal 19 Maret 2024 namun belum ada hasil verifikasi atas usulan tersebut.

Akan tetapi ada jadwal pembahasan terkait hal tersebut yang langsung difasilitasi oleh Badan Penghubung Pemerintah Provinsi Kalsel dengan Kementerian Teknis, Kementerian Dalam Negeri dan Kementerian Keuangan RI.

“Dengan adanya jadwal pembahasan maka proses dan tahapan verifikasi oleh kementerian/lembaga pemerintah terhadap usulan yang diajukan oleh pemerintah daerah atas RKP DBH Sawit tahun 2024 merupakan salah satu syarat salur DBH Sawit ke daerah,” ungkap Dahnial.

Ia juga mengatakan, bahwa dalam RKP DBH Sawit yang diajukan oleh Pemerintah Kabupaten Tala Tahun 2024 dari alokasi, yang akan diterima sebesar Rp 13 miliar. Terkait berita acara hasil pembahasan RKP DBH Sawit akan ditanda tangani oleh koordinator DBH kabupaten, provinsi dan Kementerian Keuangan RI. Setelah berita acara ditandatangani, RKP disesuaikan kembali untuk ditinjau dan ditandatangani kepala daerah untuk disampaikan kembali ke kementerian agar DBH Sawit bisa dipergunakan.

Turut berhadir Kepala Bapenda Provinsi Kalsel, Tim Koordinasi dan Singkronisasi Pelaksanaan Kegiatan DBH Sawit Kabupaten Tala dan Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Tala Muhammad Darmin. (rzk/K-6)

Iklan
Baca Juga:  TMMD ke-117 HSS Bantu Pembangunan Dusun Paniungan
Iklan