Iklan
Iklan
Iklan
ADVETORIALBANUA KITADPRD TanbuTanah Bumbu

Waket DPRD Bacakan Sejarah Pembentukan Kabupaten Tanah Bumbu

×

Waket DPRD Bacakan Sejarah Pembentukan Kabupaten Tanah Bumbu

Sebarkan artikel ini

Batulicin, KP – Wakil Ketua I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Tanah Bumbu, Said Ismail Alaydrus, membacakan sejarah pembentukan kabupaten Tanah Bumbu di perayaan HUT Kab Tanbu ke 21 pada 8/4/2024 Senin. Acara yang dilaksanakkan di halaman Kantor Bupati ini di hari seluruh Forkopimda,para kepala Dinas dan undangan lainya. Saat menyampaikan, sejarah singkat Kabupaten Tanah Bumbu Said Ismail mengatakan, pada awalnya hanya 5 kecamatan yang tergabung dalam pembentukan Kabupaten Tanah Bumbu, yang meliputi Kecamatan Kusan Hilir, Kecamatan Batulicin, Kecamatan Sungai Loban, Kecamatan Kusan Hulu, dan Kecamatan Satui. Dia sebutkan,

Zairullah Azhar, pada saat itu menjabat sebagai pejabat dan Staf Khusus Gubernur Kalimantan Selatan, dipercayakan oleh Gubernur Sjachriel Darham untuk mengawal proses pembentukan Kabupaten Tanah Bumbu.

Meskipun menghadapi tantangan pendanaan yang cukup besar, Zairullah Azhar gigih dalam pendekatan ke Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) untuk mengajukan usulan inisiatif pembentukan kabupaten ini.

Pada tanggal 27 Januari 2003, melalui sidang paripurna, DPR RI menyetujui undang-undang Nomor 2 tahun 2003 tentang Pembentukan Kabupaten Tanah Bumbu dan Kabupaten Balangan Provinsi Kalimantan Selatan. Menteri Dalam Negeri pun melantik Zairullah Azhar sebagai Pejabat Bupati Tanah Bumbu pada 8 April 2003, yang kemudian ditetapkan sebagai Hari Jadi Tanah Bumbu. Kini, Kabupaten Tanah Bumbu telah berkembang dengan 12 kecamatan dan 171 desa, meliputi luas wilayah 5.066,96 km2, dengan populasi penduduk mencapai 337.170 jiwa. “Jadi sejarah berdirinya Kabupaten Tanah Bumbu sangat panjang”,ujar Wakil Ketua DPRD Tanbu Said Ismail Alaidrus. (han) 

Iklan
Baca Juga:  Pemkab Tanbu Rakor Pembahasan Program P4GN
Iklan