Iklan
Iklan
Iklan
BANUA KITAHulu Sungai Tengah

Bupati Aulia Hadiri Peningkatan Kapasitas Penguatan Rukun Tetangga

×

Bupati Aulia Hadiri Peningkatan Kapasitas Penguatan Rukun Tetangga

Sebarkan artikel ini

BARABAI, Kalimantanpost.com – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) menyelenggarakan Peningkatan Kapasitas Penguatan Lembaga Kemasyarakatan Desa untuk Rukun Tetangga (RT) Kabupaten HST tahun 2024 wilayah Kecamatan Labuan Amas Utara (LAU) dan Kecamatan Pandawan di Kantor Pembakal desa Hilir Banua Kecamatan Pandawan. Senin (13/5/2024)

Narasumber dikegiatan ini Bupati HST H Aulia Oktafiandi, dan Tenaga Ahli Pemberdayaan Masyarakat Desa.

Selain dihadiri Bupati HST, Kepala Dinas PMD Kabupaten HST, Camat LAU, Camat Pandawan, Pembakal desa Hilir Banua, Tenaga Ahli PMD dan undangan lainnya.

Pada kesempatan itu Bupati Aulia menjelaskan kegiatan Ini adalah inisiatif Pemerintah Daerah dalam rangka memperdayakan Lembaga yang ada di desa dan yang menjadi perhatian daerah adalah Lembaga yang paling menyentuh dimasyarakat, berhubungan langsung dengan masyarakat yaitu Rukun Tetangga (RT).

“Kami dari Pemerintah Daerah ingin memacu kerja RT. Cara peningkatan kinerjanya adalah bisa dengan pendekatan dan bisa juga melalui pemberian penghargaan, diharapkan RT bisa bekerja dengan baik” katanya.

Bupati Aulia juga mengungkapkan, pada tahun ini ada dua program yang akan dilaksanakan untuk para RT. Pertama memberikan perlindungan sosial melalui BPJS ketenagakerjaan untuk RT, sehingga mereka ada perlindungan terhadap kecelakaan kerja dan perlindungan kematian, dimana iuran akan dibayarkan oleh Pemerintah daerah.

Selanjutnya program kedua mengingat tugas RT cukup banyak pemerintah daerah memberikan apresiasi menaikan insentif RT yang semula Rp 450 ribu menjadi Rp 500 ribu per bulan.

Aulia juga berharap para RT bisa menjadi perpanjangan tangan pemerintah daerah, laksanakan tugas dengan baik apa yang diperintahkan oleh pembakal.

Salah satu contoh yang paling penting saat ini adalah penyediaan data stunting, kami minta para RT bisa memberikan data terkait stunting, kependudukan, maupun data lainnya

Baca Juga:  Polres Gelar TFG dan Simulasi Aman Nusa II Intan

“Pemerintah daerah sangat menghargai apapun kontribusinya, karena RT adalah orang yang mempunyai jiwa sosial yang tinggi dan orang yang punya kemampuan bermasyarakat yang luas,” katanya

“Mudah-mudahan kedepannya kita bisa membentuk forum komunikasi RT, jadi bisa menjadi tempat saling bertukar pikiran, dan gampang dalam menerima dan memberikan informasi, ini menjadi PR kita bersama,” tutup Bupati.(Ary/KPO-3)

Iklan
Iklan